Jakarta - Traveling sudah menjadi hobi sejuta umat, sisa cuti bersama Idul Fitri bisa dihabiskan dengan mengeksplor suatu tempat. Karena selain mengasyikkan, banyak hal baru yang bisa didapatkan. 

Mengutip Eiger Indonesia, berikut manfaat dari traveling selain mengisi waktu kosong.

1. Menambah wawasan terhadap suatu tempat

Ketika mengunjungi suatu tempat, bisa mendapatkan informasi sekaligus pengalaman baru secara langsung, baik dari sisi sejarah, tradisi, hingga alam dan lingkungan tempat sekitar.

2. Cepat beradaptasi dan bertemu dengan orang-orang baru

Menyesuaikan diri dengan tempat baru akan jadi hal yang menarik, karena harus bertahan pada situasi yang jarang dihadapi. Selain itu, akan bertemu dengan banyak orang baru yang tentunya akan menambah jaringan pertemanan.

3. Mengenal kebudayaan dan bahasa baru

Setiap daerah tentu memiliki kebudayaannya masing-masing, maka saat traveling sempatkanlah untuk melihat kebudayaan dari daerah tersebut. 

Selain itu, traveling bisa jadi bonus untuk mempraktikkan langsung bahasa lokal di tempat tersebut.

4. Menjadi pribadi yang lebih mandiri dan sabar

Dengan traveling akan menjadi orang yang lebih mandiri dan kreatif, karena akan dipacu untuk berpikir tentang hal-hal yang harus dilakukan mulai dari keberangkatan, selama di tempat tujuan, hingga pulang ke kota asal. Selain itu, akan belajar bagaimana mengatur emosi dalam menghadapi suatu keadaan.

5. Mengurangi stres

Traveling juga terbukti ampuh mengurangi stres, karena memberi ruang dan waktu untuk terlepas dan bebas dari rutinitas sehari-hari yang jenuh dan melelahkan. []