YouTube Indonesia Latih Kreator Lokal Luar Jakarta

YouTube Indonesia mendorong pertumbuhan kreator video dari luar Jakarta dan sekitarnya demi pertumbuhan konten asal Indonesia secara luas.
YouTube NextUp 2019 melibatkan dua belas YouTuber dari berbagai kategori konten, mulai dari musik, tata rias lakukan pelatihan.

Jakarta - Situs berbagi video ternama, melalui YouTube Indonesia mendorong pertumbuhan kreator video dari luar Jakarta dan sekitarnya demi pertumbuhan konten asal Indonesia secara luas.

"(Kami) terus membawa kreator dari luar area metropolitan karena banyak (pengguna Internet) yang ingin menonton (konten) YouTube dari luar area Jakarta dan sekitarnya," kata Director of YouTube Global and Artist Development Chris Schremp, saat ditemui di YouTube Pop-Up Space Jakarta, Selasa (30/04).

Keberagaman kreator, menurut Shris Schremp, menjadi salah satu indikator pertumbuhan konten YouTube.

Data YouTube Indonesia per Maret 2019 menunjukkan pertumbuhan kreator yang memiliki satu juta pelanggan (subscriber) mencapai lebih dari dua ratus kanal, lima kali lebih banyak dibandingkan jumlah pelanggan pada tahun 2018.

YouTube Pop-Up Space di Jakarta menjadi salah satu cara YouTube untuk mendorong pertumbuhan konten kreator Indonesia, termasuk dari luar Jakarta. Penyedia layanan berbagi video milik Google tersebut memfasilitasi para kreator untuk membuat konten di tempat yang telah disediakan. Berita menarik: Pengikut YouTube Jokowi Tembus Angka 1 Juta

Berdasarkan hasil riset, YouTube telah menjadi search engine kedua terbesar setelah Google. Pengguna internet banyak mencari informasi di sana, terutama panduan untuk melakukan sesuatu dan belajar, seperti cara memasak, cara membuat Website atau kiat melakukan SEO (Searh Engine Optimization).

YouTube Pop-Up Space, pada 2019, berlokasi di Pusat Perbelanjaan Kasablanka, Jakarta Selatan, mulai 29 April hingga 3 Mei. Selain berisi tempat untuk memproduksi konten, para kreator juga bisa mengikuti pelatihan yang disesuaikan dengan fase perkembangan mereka. Setiap fase ditandai dengan berapa banyak jumlah pengikut atau subscriber. Angka yang selalu dikejar YouTuber. Jumlah pengikut semakin besar, pemilik kanal berpotensi untuk mendapatkan penghasilan.

Selain lokasi pembuatan konten, YouTube Indonesia juga memiliki program NextUp yang membantu kreator lokal untuk mengembangkan kreativitas dan membuat kanal mereka lebih menarik. YouTube NextUp 2019 melibatkan dua belas YouTuber dari berbagai kategori konten, mulai dari musik, tata rias (make-up) dan perawatan kulit, hingga kanal komedi.

Kreator yang terpilih masuk ke NextUp 2019 tidak hanya berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung Jawa Barat, Medan, dan Surabaya, tapi juga terdapat peserta dari Tabalog, Kalimantan Selatan, hingga tana Papua.

YouTube secara global telah memiliki sekitar dua juta pengguna. YouTube Indonesia, lanjut Schremp, masuk ke 10 besar pasar pengguna global.

Berita terkait