Yellow.ai Luncurkan Komodo-7B, Large Language Model Dasar Pertama di Indonesia

Komodo-7B menawarkan kemampuan untuk secara otonom mengelola 90 persen pertanyaan pelanggan yang masuk di seluruh saluran teks dan suara.
Co- Founder & Chief Product Officer Yellow.ai Rashid Khan. (Foto: Tagar/Mila)

TAGAR.id, Jakarta - Yellow.ai, pemimpin global dalam automasi layanan pelanggan bertenaga AI Generatif, pada Kamis, 7 Maret 2024 meluncurkan Komodo-7B di Conversate 2024 di Jakarta, yang juga menjadi bagian dari komitmen Yellow.ai untuk mendukung Visi Indonesia Emas 2045 dalam hal kemajuan teknologi AI. 

Large Language Model (LLM) pertama di industri ini melayani lanskap bahasa yang beragam di Indonesia, menawarkan dukungan pelanggan secara otonom dalam lebih dari 11 bahasa daerah dan menetapkan standar baru untuk aksesibilitas dan skalabilitas yang lebih luas. 

LLM dengan 7 miliar parameter ini dilatih dengan dataset yang luas yang terdiri dari lebih dari 8,5 miliar token bahasa Indonesia dan bahasa daerah, termasuk bahasa Aceh, Bali, Jawa, Minangkabau, dan Sunda. 

Hal ini memastikan hasil yang relevan secara kontekstual, tingkat akurasi tinggi, dan menangkap nuansa linguistik wilayah tersebut, sehingga memungkinkan bisnis untuk melayani sendiri hingga 90 persen dari pertanyaan yang masuk.

Co- Founder & Chief Product Officer Yellow.ai Rashid Khan mengatakan di Indonesia, negara yang memiliki keragaman budaya, sangat penting untuk mengakomodasi kemajemukan bahasa ke dalam platform online untuk melestarikannya. 

Selain itu, kata Rashid Khan mempromosikan inklusivitas yang lebih luas melalui transformasi digital juga sama pentingnya. 

"Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan memastikan bahwa keragaman bahasa di Indonesia terwakili dengan baik dalam lanskap layanan pelanggan. Untuk mencapai tujuan ini, kami meluncurkan Komodo-7B, yang selaras dengan visi Indonesia Digital 2045 dan sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendukung Visi Indonesia Emas 2045," ujar Rashid Khan.

Sebagai sebuah solusi, Komodo-7B mendukung pemahaman kata-kata bahasa Indonesia sehari-hari dan campuran bahasa Inggris dan dialek daerah. 

Komodo-7B juga menawarkan serangkaian fitur canggih, seperti kemampuan pencarian yang disempurnakan untuk pertanyaan bahasa daerah, rangkuman dokumen dan pertanyaan, basis pengetahuan bahasa untuk dukungan multibahasa yang komprehensif, dan Agent Assist yang efisien. 

Hasilnya, perusahaan dapat memberikan respons yang akurat dan lebih cepat sekaligus mengurangi biaya operasional hingga 60 persen. 

"LLM Indonesia kami memberdayakan perusahaan untuk meningkatkan dukungan operasional mereka di berbagai basis pelanggan di seluruh saluran teks dan suara, memberikan solusi yang dipersonalisasi dalam bahasa yang dipilih pelanggan. Kemampuannya untuk memahami maksud, nada, dan sentimen dalam berbagai bahasa daerah dan merespons dengan tanggapan yang sangat kontekstual dan dinamis seperti manusia yang dapat beradaptasi secara dinamis meningkatkan skor kepuasan pelanggan sebesar 40 persen, yang berdampak besar pada nilai seumur hidup pelanggan," tambah Rashid.

VP of Product Operations, Ajaib Daniel Karwita mengatakan Yellow.ai berperan penting dalam mengarahkan perjalanan otomasi dukungan pelanggan. Peluncuran Komodo-7B menjadikan Yellow.ai pionir dalam melayani kebutuhan linguistik pelanggan di Indonesia yang unik. 

"Hal ini akan memberikan dampak positif bagi daerah-daerah terpencil di Indonesia di mana dialek merupakan hal yang sangat penting.Pada akhirnya, teknologi ini akan menjembatani kesenjangan bahasa di seluruh negeri. Sebagai seseorang yang pernah menjadi penerjemah sebelumnya, Komodo-7B melampaui bahasa biasa, mengantarkan era baru layanan pelanggan dan interaksi produk,” ucap Daniel Karwita.

Conversate adalah acara tahunan yang dirancang untuk para pemimpin industri yang mendorong transformasi digital melalui pengalaman dukungan pelanggan bertenaga AI. 

Para pembicara dari perusahaan-perusahaan ternama seperti Flip.id, Ajaib, Shiseido Cosmetics, Hijra, Decathlon Indonesia, Bank Jago, Paxel Indonesia, dan Lion Parcel hadir untuk berbagi wawasan dan strategi untuk layanan pelanggan yang tahan uji di masa depan. []

Berita terkait
Padukan Desain Klasik dengan Teknologi Modern, JBL Luncurkan Produk Authentics & Spinner BT Bersama Maliq & D’Essentials
JBL secara resmi meluncurkan dua produk terbaru di Indonesia yaitu speaker JBL Authentics dan turntable JBL Spinner BT.
Hyundai PALISADE Berhasil Kuasai Pasar Premium SUV 3 Tahun Berturut-turut, Intip Kecanggihan Fitur dan Teknologinya
Hyundai PALISADE konsisten memimpin segmen Premium SUV selama 3 tahun berturut-turut dan menguasai lebih dari 50% pangsa pasar segmen tersebut.
Tingkatkan Pelayanan Publik, PLN Suplai Listrik XL Axiata dengan Teknologi AMI dan AMR untuk Keandalan Menara BTS
PLN dan PT XL Axiata, Tbk meneken kerja sama strategis suplai dan monitoring pemakaian listrik menara Base Transceiver Station (BTS).