UNTUK INDONESIA

Yang Unik di Italia Mulai dari Pizza sampai Mafia

Spaghetti, pizza, sepak bola, dan mafia merupakan beberapa hal yang kita kenal dari Italia, karena masih banyak yang unik-unik di sana
Penggemar Bola Pengidap Tifus (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Spaghetti, pizza, sepak bola, dan mafia merupakan beberapa hal yang kita kenal dari Italia. Sebenarnya masih banyak yang menarik tentang negara ini. Berikut beberapa di antaranya, yaitu:

unik1Pemilik Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak (Foto: dw.com/id)

Pemilik Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak - Dengan 51 situs yang dimilikinya, Italia adalah negara dengan jumlah Situs Warisan Dunia UNESCO tertinggi. Salah satu yang paling terkenal adalah wilayah arkeologi Pompeii, kota Romawi Kuno yang lumat akibat letusan Gunung Vesuvius di tahun 79.

unik2Mafia Sumbang 7% dari PDP Italia (Foto: dw.com/id)

Mafia Sumbang 7% dari PDP Italia - Mafia Italia bukan lagi "penjahat“ brutal yang mengandalkan senjata. Mereka kini menancapkan kekuasaannya sebagai pengusaha ulet dengan setelan jas terbaru dan memiliki pengetahuan tinggi soal keuangan. Diperkirakan kelompok mafia Italia menarik keuntungan sebesar 100 milyar Euro per tahun dari bisnis mereka. Jumlah ini berarti 7 persen dari produk domestik bruto Italia.

unik3WhatsApp Penyebab Perceraian Tertinggi (Foto: dw.com/id)

WhatsApp Penyebab Perceraian Tertinggi - Menurut laporan dari tahun 2014, hampir setengah proses perceraian di Italia “diakibatkan” oleh aplikasi jejaring sosial Whatsapp. Memang bukanlah Whatsapp yang menjadi biang keladi dari perceraian. Namun lewat aplikasi ini lah orang Italia, sengaja atau tidak, mengungkap perselingkuhan pasangannya. Di Italia, perceraian baru dilegalkan pada tahun 1970.

unik4Pembunuh Paling Terkenal (Foto: dw.com/id)

Pembunuh Paling Terkenal - Walaupun "hanya" terbukti melakukan tiga pembunuhan, namun Leonarda Cianciulli bisa dianggap yang paling sadis. Selain dipakai untuk membuat sabun, mayat korbannya ia olah menjadi kue. Antara tahun 1939 dan 1940 ia membunuh tiga perempuan di Correggio, Italia. Untuk kejahatannya, Leonarda diganjar 30 tahun penjara.

unik5Dilarang Meninggal di Falciano del Massico (Foto: dw.com/id)

Dilarang Meninggal di Falciano del Massico - Kota yang terletak di selatan Italia ini, sekitar 50 km dari Napoli, memiliki satu peraturan unik. Sejak Maret 2012, akibat penuhnya makam di kota ini, dikeluarkan satu hukum: “Dilarang, dengan segera, untuk semua warga Falciano del Massico, dan untuk siapa pun yang lewat wilayah ini, untuk menyeberangi perbatasan kehidupan duniawi dan memasuki akhirat."

unik6Tomat Sampai di Italia di Tahun 1540-an (Foto: dw.com/id)

Tomat Sampai di Italia di Tahun 1540-an - Buah yang aslinya dari Amerika ini tidak terpisahkan dari meja makan penduduk Italia. Catatan sejarah mengenai tomat di Italia tertuang dalam berita yang ditulis pada 31 Oktober 1548. Dalam suratnya pada sekretaris pribadi Cosimo de' Medici, penguasa pertama dinasti Medici, kepala pelayan bangsawan ini menulis bahwa satu keranjang tomat kiriman Giovanvettorio Soderini dari Florentina telah tiba.

unik7Negara Eropa Barat Pertama yang Mengenal Garpu (Foto: dw.com/id)

Negara Eropa Barat Pertama yang Mengenal Garpu - Di zaman Mesir Kuno garpu dipakai untuk memasak. Garpu dari tulang dilaporkan digunakan pada masa Budaya Qijia di Cina antara 2200 – 1600 SM. Dan Italia merupakan negara pertama di Eropa Barat yang memanfaatkan garpu pada akhir abad ke-10. Baru pada abad ke-11, penggunaan garpu menjadi semakin umum di semenanjung Italia seiring dengan meningkatnya konsumsi pasta.

unik8Penggemar Bola Pengidap Tifus (Foto: dw.com/id)

Penggemar Bola Pengidap Tifus - Sepak bola Italia tidak bisa dipisahkan dari Tifosi. Kata yang merujuk pada fans sepak bola ini berasal dari kata Tifo yang berarti penyakit tifus. Istilah ini muncul pada awal abad 20. Ilmuwan olahraga asal Perancis, Lanfranchi, pernah menulis: “Tifosi memiliki gejala seperti kehilangan sementara akan kontrol diri, kegairahan yang menular. Dan tidak ada obat utuk melawan penyakit ini.” [yf/vlz (globalpost, telegraph, wikipedia)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Buron Mafia Italia Ditangkap Gara-gara Video Masak YouTube
Polisi Italia berhasil mengungkap keberadaan seorang buron setelah mengenali lengannya yang bertato dalam serangkaian video memasak
Anjing Pelacak untuk Deteksi Pengidap Covid-19 di Italia
Italia melatih anjing dua anjing herder dari Belanda dan satu dari Belgia untuk melacak dan mendeteksi pengidap Covid-19
0
Yang Unik di Italia Mulai dari Pizza sampai Mafia
Spaghetti, pizza, sepak bola, dan mafia merupakan beberapa hal yang kita kenal dari Italia, karena masih banyak yang unik-unik di sana