UNTUK INDONESIA
Xiaomi Akan Rilis 10 Smartphone 5G Tahun Depan
Xiaomi akan melakukan penetrasi pasar dengan merilis lebih dari 10 smartphone berteknologi 5G tahun depan untuk bisa bersaing dengan Huawei
Produk Xiaomi Siap Serbu As. Xiaomi berencana mengenalkan ponsel mewah mereka ke Amerika Serikat (AS) dalam dua tahun. Xiaomi dikabarkan akan mengikuti jejak Huawei untuk membawa ponsel flagship ke pasar AS. (Foto: Ist)

Wuzen - Produsen smartphone China, Xiaomi Corp akan merilis lebih dari 10 ponsel pintar (smartphone) berbasis 5G pada 2020. Ekspansi besar-besaran ini untuk menghadapi persaingan ketat dengan rivalnya Huawei Technologies. Pada bulan lalu, Xiaomi baru saja meluncurkan Mi 9 Pro, smartphone berteknologi 5G pertama untuk pasar domestik.

CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan peningkatan permintaan melebihi ekspektasi perusahaan sehingga menimbulkan persoalan rantai pasokan. Untuk itu, perusahaan akan memenuhi harapan pasar dengan meluncurkan beberapa smartphone baik untuk harga terendah (low end), menengah (middle end) dan tertinggi (high end).

Lei menambahkan, pelaku industri khawatir model 4G sudah tidak akan laku lagi pada taun depan. Jadi tidak ada alasan untuk menunda melakukan penetrasi pasar smartphone 5G. "Kami berharap operator dapat mempercepat perluasan BTS 5G mereka," katanya dalam konferensi internet dunia di Wuzen, China seperti diberitakan dari Reuters, Minggu, 20 Oktober 2019.

Di tengah pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu bertumbuh kompetitif, justru Xiaomi mengalami kelesuan. Menurut hasil riset pasar Canalys, pada triwulan kedua 2019, pangsa pasar Xiaomi turun dibandingkan periode sama tahun lalu dari 13,9 persen menjadi 11,8 persen. Saham Xiaomi meskipun turun relatif stabil. Pada September lalu, perusahaan mengumumkan akan melakukan pembelian kembali saham senilai 1,5 miliar dolar AS.

Menurut survei itu, hampir semua produsen smartphone di China mengalami penurunan penjualan kecuali Huawei. Setelah Huawei diblokir oleh Amerika Serikat, konsumen berbondong-bondong beralih ke smartphone Huawei. Seperti diberitakan, pemerintah AS pada Mei lalu mengeluarkan larangan perusahaan AS untuk memasuk suku cadang ke Huawei.

Sementara pasar Xiaomi di Eropa semakin bersinarn. Selama triwulan kedua 2019, pangsa pasarnya bertumbuh dari 6,5 persen menjadi 9,6 persen menjadikan Xiaomi produsen smartphone yang paling cepat berkembang di Eropa.

Berita terkait
Xiaomi Siapkan 4 Smartphone Berkamera 108MP Samsung
Beredar kabar Xiaomi sedang melakukan kerjasama dengan Samsung dalam pengembangan kamera beresolusi 108MP di empat smartphone milik Xiomi.
Daftar Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 11
Antar muka MIUI 11 buatan Xiaomi memiliki banyak fitur terbaru yang akan ada bagi perangkat buatannya.
Pekan Depan Xiaomi Luncurkan Ponsel Game, Ini Spesifikasinya
Black Shark sebenarnya didukung oleh Xiaomi, sehingga perangkat tersebut kemungkinan akan menampilkan brand bernama Black Shark, dan bukan Xiaomi.
0
Jadwal Padat PSM Akibatkan Banyak Pemain Cedera
Pemain PSM Makassar terpaksa absen melawan Persebaya Surabaya karena cedera. Mereka alami cedera karena jalani laga dengan jadwal padat.
Empat Faktor Ahok Tepat Jadi Bos PLN