UNTUK INDONESIA
Wow Paus Fransiskus Dukung LGBT Punya Keturunan
Paus Fransiskus mengatakan bahwa menurutnya pasangan sesama jenis harus diizinkan untuk memiliki keluarga atau keturunan.
Paus Fransiskus dukung pasangan LGBT mempunyai keturuan. (Tagar/CNN)

Jakarta - Paus Fransiskus mengatakan bahwa menurutnya pasangan sesama jenis harus diizinkan untuk memiliki keluarga atau keturunan. 

Paus Fransiskus menyatakan hal tersebut dalam sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Evgeny Afineevsky, yang menurut para pengamat pernyataannya itu adalah yang paling terang-terangan tentang hubungan gay.

"Kaum homoseksual punya hak untuk berkeluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya," katanya dalam film yang tayang perdana pada Rabu 21 Oktober 2020.

"Apa yang harus kita buat adalah undang-undang serikat sipil. Dengan cara itu mereka dilindungi undang-undang," terangnya sebagaimana yang dilansir dari BBC pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Ini adalah posisinya sebagai Uskup Agung Buenos Aires. Dia selalu menentang pernikahan untuk pasangan sesama jenis. Tapi, dia percaya gereja harus mengadvokasi,

Dia menambahkan bahwa dia itu, merujuk pada saat ia menjadi Uskup Agung Buenos Aires. Meskipun menentang pernikahan sesama jenis secara hukum, dia mendukung beberapa perlindungan hukum untuk pasangan sesama jenis.

Film Francesco, tentang kehidupan dan karya Paus Fransiskus, ditayangkan perdana sebagai bagian dari Festival Film Roma. Selain komentar Paus tentang serikat sipil, film tersebut juga menunjukkan dia mendorong 2 pria gay untuk menghadiri gereja bersama 3 anak mereka.

Penulis biografi Paus Fransiskus, Austen Ivereigh, mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak terkejut dengan komentar terbaru dari Paus Fransiskus.

"Ini adalah posisinya sebagai Uskup Agung Buenos Aires. Dia selalu menentang pernikahan untuk pasangan sesama jenis. Tapi, dia percaya gereja harus mengadvokasi undang-undang persatuan sipil bagi pasangan gay untuk memberi mereka perlindungan hukum," ucapnya.

Di bawah doktrin Katolik saat ini, hubungan gay disebut sebagai perilaku menyimpang. 

Lalu Pada 2003, badan doktrinal Vatikan, Congregation for the Doctrine of the Faith, mengatakan bahwa penghormatan terhadap kaum homoseksual tidak dapat mengarah pada persetujuan perilaku homoseksual atau pengakuan hukum atas persatuan homoseksual.

Komentar Paus dalam film Francesco adalah yang terbaru dari serangkaian pendapat yang ia ungkapkan tentang hak LGBT, menyuarakan beberapa dukungan, tetapi bukan dukungan penuh. []

Baca juga: 


Berita terkait
Gereja yang Paling Indah di Jerman
Bangunan-bangunan kuno bergaya klasik di kota-kota di Jerman antara lain merupakan gereja-gereja paling indah di Jerman
Gegara Gabung LGBT, Jenderal Polisi Nonjob Sampai Pensiun
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono memastikan Brigjen EP, salah satu jenderal Polri yang gabung LGBT sudah disanksi nonjob pensiun.
Idham Azis Sempat Tahan Polisi LGBT, IPW: Tidak Transparan
Ketua IPW, Neta s Pane menyayangkan kelanjutan kasus Polisi LGBT yang sempat dipecat Kapolri Idham Azis tidak dilakukan secara transparan.
0
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta seluruh santri memegang kokoh tradisi pesantren. Sebab, ini adalah budaya yang hanya ada di Indonesia.