UNTUK INDONESIA
Wisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia
Berwisata religi ke gereja bisa menjadi pilihan asik, mempelajari sejarah dan tentunya juga beribadah.
Wisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia. (Foto: Instagram/jepretankatolik)

Jakarta - Gereja tempat yang disucikan bagi umat Kristiani, keunikan dari segi arsitekturnya sangat beragam. Menjadi daya tarik tersendiri, selain beribadah, bisa berwisata religi.

Sejarah tentang gereja bisa dipelajari, tidak hanya datang untuk menikmati keindahan bangunan. Berikut Tagar rangkumkan beberapa gereja unik di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi untuk mengisi momen liburan Natal.

1. Gereja Graha Maria Annai Velangkani

Gereja Graha maria Annai VelangkaniWisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia. (Foto: Instagram/pegi_pegi)

Gereja ini terletak di Kecamatan Tuntungan, Kelurahan Tanjung Selamat, tepatnya Jalan Sakura III dekat Perumahan Taman Sakura Indah, Medan.

Gaya arsitektur kental dengan India-Mughai, sehingga memiliki bentuk yang mirip kuil. Di dalam gereja terdapat banyak relief dan patung mirip dengan yang ada di kuil India.

Setiap dinding luarnya tertulis belasan bahasa di Sumatera Utara yang melambangkan banyak kebudayaan, suku, dan bahasa tapi tetap bersatu dalam rangkulan tuhan.

Tempat ini dibuka sejak tahun 2005 dan bisa dijadikan rekomendasi untuk mengisi momen liburan natal.

2. Gereja Immanuel Medan

Gereja Immanuel MedanWisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia. (Foto: Instagram/wajahilmu.blogspot.com)

Letaknya berada tepat di depan Kantor Gubernur Porivinsi Sumatera Utara, tepatnya di Jalan Diponegoro Nomor 24-27. Gereja Immanuel Medan merupakan tertua dan bersejarah di Kota Medan. Arstekturnya bergaya khas Eropa yang terlihat vintage.

Dahulu gereja ini diberi nama Indische Kerk atau Staatskerk, dan digunakan sebagai tempat peribadatan komunitas warga negara Belanda penganut agama Kristen Protestan, ketika Kota Medan masih dibawah pengawasan pemerintahan Belanda.

3. Gereja Pohsarang Kediri

Gereja Blenduk SemarangWisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia. (Foto: Instagram/marendradika)

Tempat bersejarah yang satu ini berlokasi di Kediri, tepatnya di lereng Gunung Wilis dan dibuka sejak tahun 1936. Keunikannya, terdapat pada bentuk gereja yang tidak biasa, seperti susunan batu yang sangat besar dan rapih. Hasil kreasi Ir Maclaine Pont dan Romo Jan Wolters CM.

4. Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk SemarangWisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia. (Foto: Instagram/m_azriansyah)

Salah satu tempat bersejarah yang ada di Semarang ini masuk dalam daftar Bangunan Cagar Budaya. Gereja ini sudah dibuka saat masih zaman penjajahan Belanda pada tahun 1753.

Nama "blenduk" berasal dari julukan masyarakat, karena atap gereja yang berbentuk kubah. Keunikan lainnya berada pada bangunannya yang terlihat tua dan kokoh.

Tempat ini bisa dijadikan rekomendasi untuk liburan Natal, selain mengunjungi gereja, pengunjung juga bisa berwisata kuliner khas Semarang di area sekitarnya.

5. Gereja Palasari Bali

Gereja Palasari BaliWisata Religi ke Lima Gereja Unik Indonesia. (Foto: Instagram/jepretankatolik)

Bali memang memiliki kekayaan tempat wisata yang melimpah bukan hanya pantainya saja. Pulau ini memang terkenal dengan kekentalan budaya yang populer.

Salah satunya contohnya adalah Gereja Palasari yang selalu ramai dijadikan spot foto bagi para pengunjungnya. Keunikannya pada arsitektur bangunan khas Bali.

Gereja yang berdiri sejak 1955 ini bisa jadi rekomendasi untuk mengisi momen liburan natal. []

Berita terkait
Lima Wisata Timor Leste, Kental Nuansa Religi
Timor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi.
Wisata Religi Saat Mudik Lebaran di Jawa
Usai silaturahmi dengan keluarga, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk singgah di obyek wisata religi pada momen mudik Lebaran.
Masjid Viral Tengah Hutan Gowa Jadi Wisata Religi
Masjid megah tengah hutan di Kabupaten Gowa Sul-Sel yang viral beberapa hari lalu karena berada di tengah hutan kini ramai dikunjungi warga.
0
Liverpool di Ambang Juara Liga dan Banjir Rekor
Jika dalam empat laga berikut Liverpool akan jadi juara Liga Inggris musim 2019/2020 dan memecahkan beberapa rekor