Webinar IA-ITB, Sodiko: Kontribusi Gen Z terhadap Ekonomi

Sebagai salah satu pemcicara dalam webinar IA-ITB, Sodiko Hidayad menyampaikan materi terkait kontribusi gen Z terhadap ekonomi di Indonesia.
Sodiko Hidayad saat memaparkan materi di Webinar Ganesha Investment Series Episode 1 . (Foto: Tagar/Putri)

Jakarta - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menyelenggarakan serial webinar “Ganesha Investment Series”, serial webinar kali ini dimulai dengan Episode 1 tentang Investing in Gen Z, Jumat, 15 Oktober 2021.

Bahasan utama episode pertama ini adalah bagaimana kontribusi Gen Z terhadap ekonomi nasional terutama dalam dunia startup dan bagaimana penglihatan investor terhadap Gen Z sebagai founder yang siap mendapat investasi.

Gembong Primadjaya selaku Ketua Umum IA-ITB membuka dengan penuh apresiasi dan turut bangga kepada panitia yang telah menyelenggarakan webinar berepisode ini. Gembong melihat webinar sangat bermanfaat bagi semuanya.


Sebenarnya kita bisa memulai bisnis dari modal yang kecil tanpa perlu mengeluarkan uang sendiri.


“Saya sangat meng-appreciate dan sangat senang ya karena aktifnya membuat kegiatan-kegiatan yang bisa memberi manfaat bagi alumni dan semuanya, saya mengucapkan terima kasih untuk itu,” ujar Gembong ketika membuka Webinar Ganesha Investment Series, Jumat, 15 Oktober 2021.

Gembong berharap webinar dapat berlangsung terus dan memberikan informasi serta membangun networking di kalangan alumni dan non alumni yang ikut serta tentunya. Menghadirkan salah satu pembicara alumni SBM ITB 2019 sekaligus founder startup Eduka System.

Sodiko Hidayad merupakan alumni mahasiswa jurusan Kewirausahaan angkatan 2019, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)-ITB. Sodiko telah berhasil mendirikan startup Eduka System bersama teman-temannya dan berbagai prestasi lainnya selama tiga tahun di SBM-ITB.

“Sebelum pilih SBM ITB agak susah minta ijin ke orang tua buat masuk SBM ITB karena orang tua (bukan termasuk Gen Z) mereka kebanyakan percaya bahwa kalau memulai bisnis harus adanya modal yang besar,” ujar Sodiko

Gen Z lulusan 2019 ini menceritakan pengalamannya dalam membangun Eduka System. Sodiko percaya bahwa memulai suatu bisnis bisa dengan modal yang kecil, tak hanya modal besar saja.

“Setelah melihat startup dari permodalan aku ngerasa kayak nggak kok, sebenarnya kita bisa memulai bisnis dari modal yang kecil tanpa perlu mengeluarkan uang sendiri,” ujar Sodiko

Walaupun berkali-kali gagal dari 2016 dan terus mengikuti berbagai lomba untuk modal awal Sodiko dan teman-teman seperjuangannya termasuk CEO Eduka yaitu Faiz tidak gentar berjuang dan pantang menyerah sampai mendapat titik terang di tahun 2018.

Eduka System sendiri merupakan wadah untuk berlatih UTBK/SBMPTN bagi siswa SMA yang akan ingin masuk perguruan tinggi. Sistem Eduka mulai diluncurkan pada November 2018. 

Ketertarikan Sodiko pada ilmu bisnis sudah terlihat sejak Sekolah Menengah Atas (SMA) dimana saat itu hari-harinya diisi dengan belajar marketing dan bisnis.

(Putri Fatimah)



Berita terkait
Dosen IA ITB Bahas Soal Vaksinasi Merah Putih dalam Webinar IA-ITB
Ketua IA ITB Gembong Primadjaja dalam sambutannya mengatakan bahwa IA-ITB mendukung program pemerintah terkait vaksinasi untuk lawan Covid-19.
Peresmian Kegiatan Sentra Vaksinasi IA-ITB dan ILUNI UI
Kegiatan Vaksinasi Bersama ini didukung oleh 10 Rumah Sakit Vertikal dan juga BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Rakor: IA-ITB Gandeng PMI untuk Kegiatan Kemanusiaan
Rapat Koordinasi (Rakor) IA-ITB dan PMI Pusat bahas soal kerja sama untuk kegiatan kemanusian di tengah pandemi yang tak kunjung usai.
0
Webinar IA-ITB, Sodiko: Kontribusi Gen Z terhadap Ekonomi
Sebagai salah satu pemcicara dalam webinar IA-ITB, Sodiko Hidayad menyampaikan materi terkait kontribusi gen Z terhadap ekonomi di Indonesia.
5 Bahaya Tiduran Setelah Makan