Waspada Penipuan, Akses Layanan Kelistrikan Resmi Aman melalui PLN Mobile

PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN. Simak ulasannya.
Waspada Penipuan, Akses Layanan Kelistrikan Resmi Aman melalui PLN Mobile. (Foto: Tagar/PLN)

TAGAR.id, Jakarta - PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN. Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan, belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus.

"Mulai dari ajakan mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah, pembelian box kWh Meter, rekrutmen pegawai hingga permintaan foto diri pelanggan," jelas Gregorius.

Modus yang dilakukan oknum petugas baru-baru ini, kata Gregorius, adalah meminta pelanggan mengirimkan foto diri melalui aplikasi pesan singkat. 


Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB), tidak ada pembayaran di tempat.


Dirinya menegaskan, PLN tidak pernah meminta data diri maupun uang dari pelanggan melalui nomor asing yang tidak sesuai ketentuan.

"Masyarakat agar berhati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung maupun data diri ke pelanggan. Petugas PLN selalu dilengkapi identitas yang jelas," ujar Gregorius.

Gregorius menegaskan, PLN juga tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau pemasangan baru, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan. 

Menurutnya, dalam pembayaran transaksi layanan PLN, selalu menggunakan nomor register atau kode bayar yang hanya bisa dibayarkan melalui payment point online bank (PPOB) atau marketplace.

Untuk mencegah penipuan, Gregorius mengimbau masyarakat mengenali ciri-ciri petugas resmi PLN. Menurutnya, petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

"Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB), tidak ada pembayaran di tempat," ujarnya.

Gregorius melanjutkan, jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile dan Contact Center PLN 123.

PLN juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mengakses layanan PLN agar langsung menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut menurut Gregorius, mencakup seluruh layanan maupun informasi resmi berbagai program PLN. []

Berita terkait
Lebaran 2023 Konsumsi Listrik PLN Naik, Beban Puncak Kelistrikan di Daerah Mengalami Pertumbuhan
PLN mencatat pemakaian listrik tertinggi (beban puncak) kelistrikan nasional selama periode lebaran 2023 mengalami kenaikan.
PLN Berikan Layanan Kesehatan Hingga Spot Foto di Posko Rest Area Km 84 B Pandaan - Malang
PLN turut berpartisipasi meramaikan kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN 2023 dengan mendirikan posko mudik di km 84 B Pandaan - Malang.
Kembangkan Green Hydrogen, PLN-ECADIN jajaki Kerja Sama dengan Asosiasi Hidrogen di Prancis
Lewatan kerja PLN ke Prancis baru-baru ini kian membuka peluang kerja sama global termasuk pengembangan green hydrogen di Indonesia.