UNTUK INDONESIA
Waspada Gelombang Empat Meter di Laut Maluku
Waspada terhadap gelombang tinggi dua meter hingga empat meter yang terjadi di sejumlah perairan laut Maluku.
Gelombang Laut. (Foto: Tagar/Pixabay)

Ambon - Gelombang tinggi dua sampai empat meter diprediksi terjadi di sejumlah perairan laut di Maluku, sejak Jumat, 21 Februari hingga Sabtu, 22 Februari 2020. Nelayan maupun warga pesisir diimbau waspada gelombang tinggi tersebut.

Kepala Badan Meteorologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar mengatakan, peningkatan tinggi gelombang ini karena kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Arafura bagian timur.

Gelombang sedang hingga tinggi itu, berpeluang terjadi sejak Jumat, 21 Februari hingga Sabtu, 22 Februari 2020.

Hal demikian dipicu pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari utara-Timur Laut dengan kecepatan 3 hingga 25 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Barat-Barat Daya dengan kecepatan angin 3 hingga 25 knot.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan gelombang terjadi di sejumlah perairan laut di Maluku," ujar Ashar, Jumat, 22 Februari 2020.

Perairan yang berpeluang terjadi gelombang sedang 1,25 hingga 2,50 meter, diantaranya Laut Maluku Bagian Selatan, Laut Seram Bagian Timur dan Laut Arafura Bagian Barat.

Untuk gelombang tinggi, 2,50 hingga 4,0 meter berpeluang terjadi di Laut Maluku Bagian Utara, Laut Banda, Perairan Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulauan Kei hingga Aru dan Laut Arafura bagian tengah hingga timur.

"Gelombang sedang hingga tinggi itu, berpeluang terjadi sejak Jumat, 21 Februari hingga Sabtu, 22 Februari 2020," jelasnya.

Ashar menjelaskan, tak hanya gelombang tinggi, kecepatan angin di perairan Maluku juga mencapai 27 knot per jam.

Terkait kondisi tersebut, diimbau kepada penyedia jasa transportasi laut dan nelayan untuk sementara tidak beraktivitas di perairan yang berpeluang terjadi gelombang tinggi tersebut.

"Khusus jasa transportasi berukuran kecil termasuk nelayan saat melaut untuk menghindari sejumlah perairan itu," katanya.

Ashar menambahkan, masyarakat yang tinggal di pesisir sekitar area berpeluang terjadinya gelombang tinggi juga agar selalu waspada. []

Berita terkait
Waspada Cuaca Buruk di Aceh
BMKG mengeluarkan peringatan dini tentang potensi cuaca buruk di Aceh.
Cuaca Buruk Ganggu Ragam Aktivitas Warga Taput
Dalam rentang tiga minggu terakhir, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dilanda cuara buruk.
BMKG Peringatkan Terjadinya Cuaca Buruk di Aceh
BMKG Aceh mengeluarkan peringatan bahaya cuaca buruk di Banda Aceh tiga hari ke depan
0
Nasib Bisnis Travel Pegadaian Pasca Moratorium Umrah
Pegadaian menyiapkan langkah strategis mengantisipasi dampak penyebaran virus corona yang melanda Indonesia, bagi agen perjalanan