Warganet Menyerang Jokowi Soal Susi Pudjiastuti

Dalam daftar Kabinet Indonesia Maju itu tidak tercantum nama Susi Pudjiastuti. Artinya, Susi tidak lagi dipilih Jokowi sebagai menteri.
Menteri Kelautan dan Perikanan Periode 2014-2019, menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Ma\'ruf Amin di gedung Nusantara 1, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Rommy Yudhsitira)

Jakarta - Presiden Jokowi telah melantik menterinya di Istana Negara, Rabu, 23 Oktober 2019. Dalam daftar Kabinet Indonesia Maju itu tidak tercantum nama Susi Pudjiastuti. Artinya, Susi tidak lagi dipilih Jokowi sebagai menteri.

Susi Pudjiastuti tidak lagi menjadi menteri banyak warganet menyerang Jokowi lewat linimasa Twitter dengan hastag #Bu Susi, Rabu, 23 Oktober 2019

Pantauan Tagar, hastag yang berada di posisi urutan kedua itu ramai warganet yang menuntut Susi harus kembali menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Mereka tidak terima keputusan Presiden Joko Widodo memilih Edhy Prabowo sebagai pengganti Susi Pudjiastuti.

Tangkapan Layar TwitterTangkapan Layar Twitter. (Foto: Tagar/Santi)

***

"Dengarkan rakyat pak Jokowi, kami ingin bu Susi jadi menteri. Menteri perikanan bu Susi @jokowi," kata akun @AlexisLhaksana.

Menurut warganet, Jokowi tidak memilih lagi Susi menjadi menteri karena sempat berseteru dengan Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Seperti yang diungkapkan pengguna Twitter @ciyuut, sebelumnya, Luhut sempat meminta Susi memberhentikan penengelaman kapal asing. Sedangkan Susi tolak secara terang-terangan soal reklamasi Bali.

"Bu Susi yang ditunggu kayaknya enggak dipanggil. Soalnya uda ada Luhut. Tau sendiri kan, kemarin pernah bentrok soal penenggelaman kapal. Pak Luhut pernah nyuruh berhentikan penenggelaman kapal, tapi bu Susi kekeh sampe panas waktu itu," ujar akun @ciyuut.

Tangkapan Layar TwitterTangkapan Layar Twitter. (Foto: Tagar/Santi)

***

Ada juga warganet dengen keukeh memintan Presiden mengembalikan Susi dalam jajaran menteri. Karena menilai ketegasannya dalam bekerja selama lima tahun.

"Enggak mau yang lain, maunya bu @susipudjiastuti aja. Cuma bu Susi yang berani gila-gilaan jaga perairan kita. Kami cinta bu Susi #WeWantSusi," ucap @Kycoke2.

Selain itu, pengguna akun @andikamalreza dengan gamblang mengungkapkan ketakutannya mendapat hinaan dari pendukung garis keras kadal gurun (kadrun).

"Pak @jokowi masih bisa mendengar suaran kami kah?? Kami mau bu Susi kembali, sebelum pendukung garis keras anda menghina kadrunlah, ISIS lah. Itulah mengapa bu Susi wajib terus ada dinjajaran pemerintah dijajaran pemerintah," tulis akun tersebut.

Dengan blak-blakan warganet masih meragukan kondisi laut Indonesia lima tahun ke depan di bawah pengelolaan menteri baru, Edhy Prabowo.

"Sedih aku tuhhh. Hari ini di pelantikan kabinet jilid 2 enggak ada bu Susi. Apa jadinya laut kita 5 tahun kedepan tanpa beliau @susipudjiastuti #WeWantSusi," tutur akun @erminyr007.

Berita terkait
We Want Susi Menggema di Twitter
Susi Pudjiastuti sedang menjadi perbincangan hangat warganet di linimasa Twitter. Tagar #WeWantSusi trending topic.
Kenapa Susi Pudjiastuti Tak Dipanggil Jokowi ke Istana?
Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja jilid I Susi Pudjiastuti salah satu menteri yang digadang-gadang kembali jadi menteri Jokowi.
Aksi Jenaka Susi Pudjiastuti pada Akhir Jabatan Menteri
Hari terakhir diabadikan dengan aksi jenaka mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.