Wapres AS Serukan Kerja Sama AS dan Meksiko Kurangi Imigran

Wapres AS, Kamala Harris, mengatakan AS dan Meksiko harus bekerja sama untuk mengurangi imigran dari Meksiko
Wakil Presiden AS, Kamala Harris, berbicara selama pertemuan virtual dengan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di kompleks Gedung Putih di Washington, 7 Mei 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS), Kamala Harris, 7 Mei 2021, mengatakan AS dan Meksiko harus bekerja sama untuk mengurangi imigran dari Meksiko dan berusaha menumpas kekerasan dan korupsi di Amerika Tengah.

Seruan wapres itu dibuat ketika berlangsung pembicaraan imigrasi virtual dengan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador.

Harris memberitahu Lopez Obrador ke dua negara mereka berkepentingan untuk menanggapi akar penyebab dari migrasi dari El Salvador, Guatemala, dan Honduras, semuanya terletak di kawasan Amerika Tengah.

imigran di tempat penahananImigran di tempat penahanan Dinas Kepabeanan dan Perbatasan AS, di Jembatan Internasional Anzalduas, di Mission, Texas, 19 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Presiden Biden telah menugaskan Harris agar memimpin usaha Gedung Putih untuk mengurangi imigrasi di perbatasan selatan Amerika, dimana lebih dari 20 ribu anak-anak masuk ke Amerika sejak Januari.

Presiden Lopez Obrador mengatakan kepada reporter dalam konferensi pers sebelum pertemuan Jumat itu, dia mendukung migrasi yang aman dan dia punya proposal khusus untuk dibahas dengan Harris.

Lopez Obrador mempromosikan sebuah progam lapangan pekerjaan berupa penanaman pohon di Amerika tengah, yang katanya akan membantu pesertanya memperoleh visa kerja di Amerika. Dia pertama kali menyebut proposal itu pada KTT iklim di Washington bulan April 2021 lalu, yang mengagetkan para hadirin waktu itu (jm/pp)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Mulai Satukan Anak-anak Imigran Dengan Orang Tua
AS akan menyatukan kembali empat keluarga migran pertama yang dipisahkan di perbatasan AS dan Meksiko pada pemerintahan Presiden Donald Trump
Presiden Biden Tugaskan Wapres Harris Tangani Imigran
Presiden AS, Joe Biden, tugaskan Wapres Kamala Harris untuk ambil alih pengelolaan imigran sebagai isu terbesar yang dihadapi pemerintahannya
Rekor Tertinggi Jumlah Anak-anak Imigran Tanpa Pendamping
Jumlah anak-anak imigran tanpa pendamping orang tua di perbatasan AS dan Meksiko catat rekor tertinggi
0
Megawati: Out Jika Enggan Jadi Petugas Partai PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan kepada para petugas partai PDIP jika tidak mau menjadi petugas dan bekerja silakan keluar.