Wamen ATR/BPN Dorong Kerja Sama Sukseskan Program Strategis

Wamen ATR/BPN Surya Tjandra mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tegal membahas terkait permasalahan pertanahan dan tata ruang kota.
Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra berkunjung ke Tegal. (Foto: Tagar/Dok Kementerian ATR/BPN)

Jakarta – Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tegal, pertemuan membahas terkait permasalahan pertanahan dan tata ruang di Kota Tegal.

Dalam kunjungannya, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN menangkap beberapa permasalahan yang terjadi di Kota Tegal, salah satunya adalah penyelesaian masalah pertanahan yang terkait dengan aset tanah pemerintah. 

“Kalau saya menangkap masalah di sini, terdapat klaim-klaim hak masyarakat kepada Pemkot. Barangkali bisa dipikirkan bagaimana strateginya untuk membereskan hal ini agar kita bisa melakukan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan menguntungkan kedua belah pihak,” ucap Surya Tjandra.


Ini adalah suatu prestasi tanggung jawab serta amanat yang sangat besar tak hanya tentang diri Pak Nurdin namun juga mewakili teman-temannya di Indonesia Timur yang memperhatikan kualitas kerjanya.


Kepala Kantor Pertanahan Kota Tegal, Nurdin Karepesina berkata bahwa pihaknya memang tengah melakukan konsolidasi dalam rangka menindaklanjuti beberapa hak Pemerintah Kota Tegal yang masih belum terdaftar. 

“Kurang lebih ada 400 aset yang didaftarkan dan kita upayakan agar segera ditindaklanjuti untuk kemudian diselesaikan,” katanya.

Lebih lanjut, Nurdin Karepesina yang notabene baru resmi dilantik menjadi Kepala Kantor Pertanahan Kota Tegal per tanggal 2 Agustus 2021 ini juga sudah melakukan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang terkait penyelesaian masalah pertanahan yang terkait dengan aset Pemerintah Kota Tegal.

Untuk jangka pendek, ia berkata bahwa pihaknya akan fokus menyelesaikan aset pemda yang sudah terdaftar di Kantah Kota Tegal. Sebagai target jangka panjang, ke depannya ia akan membentuk tim untuk rapat koordinasi terkait status tanah Pemerintah Kota Tegal dengan harapan permasalahan yang ada dapat diatasi secara bersama.

Rencana-rencana tersebut ia terapkan sesuai dengan pengalamannya di wilayah Timur Indonesia sehingga ia dinilai mumpuni dalam menyukseskan program strategis di wilayah tempat ia memimpin. 

Dalam hal ini, Surya Tjandra menyampaikan apresiasinya terkait prestasi yang ditorehkan oleh Nurdin Karepesina. Ia begitu mengapresiasi karir Nurdin Karepesina yang dimulai dari ujung timur Indonesia tepatnya di Kabupaten Buru, kini dapat bertugas di Pulau Jawa, dalam hal ini sebagai Kepala Kantah Kota Tegal. 

“Ini adalah suatu prestasi, tanggung jawab serta amanat yang sangat besar, tak hanya tentang diri Pak Nurdin namun juga mewakili teman-temannya di Indonesia Timur yang memperhatikan kualitas kerjanya,” ucap Surya Tjandra.

Menurut Surya Tjandra, ini menjadi bukti nyata bahwa mereka yang berprestasi dan terbaik maka akan mendapat posisi yang baik pula di Kementerian ATR/BPN. Siapa pun dapat terus berpartisipasi dalam perannya untuk membangun pertanahan dengan baik di seluruh daerah di Indonesia. 

“Saya harap Pak Nurdin bersama Bapak dan Ibu di Kantah Kota Tegal ini bisa tunjukkan itu semua,” katanya. []


Berita terkait
Menteri ATR/BPN Optimalkan Proyek Percepatan Reforma Agraria
Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil optimalkan proyek percepatan reforma agraria dengan menyoroti kualitas produk yang akan dihasilkan.
Wamen ATR/BPN: Jadikan Tantangan sebagai Peluang Pembangunan
Wamen ATR/BPN Surya Tjandra mengatakan untuk menjadikan tantangan sebagai peluang dalam pembangunan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.
Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialisasi Pengadaan Tanah
Kementerian ATR/BPN menyelenggarakan sosialisasi terkait pengadaan tanah serta dukung kemudahan dalam melakukan investasi di tengah pandemi.
0
Wamen ATR/BPN Dorong Kerja Sama Sukseskan Program Strategis
Wamen ATR/BPN Surya Tjandra mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tegal membahas terkait permasalahan pertanahan dan tata ruang kota.