Wali Kota Semarang Ajak Warga Bangun Masjid di Kota

Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi mengajak segenap warga untuk terus membangun masjid.
Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi usai meresmikan masjid yang baru dibangun. (Foto:Tagar/semarangkota.go.id)

Semarang - Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi mengajak segenap warga untuk terus membangun masjid. Pada Jumat, 18 Desember 2020 ia meresmikan pembangunan Masjid An-Nur di kawasan Satpol PP Semarang. Masjid An-Nur adalah salah satu masjid yang telah selesai dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang di tahun 2020.

Wali Kota Semarang mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, yang sudah mendukung pembangunan masjid tersebut.

"Alhamdulillah Satpol PP kini punya masjid yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Anggarannya juga luar biasa, dari APBD yang hanya 150 juta pembangunannya mencapai 850 juta, jadi gotong royong. Mudah - mudahan Masjid ini terawat dengan baik, kegiatannya lancar dan semakin penuh jamaahnya," kata dia.

Pemerintah Kota Semarang juga sudah menyelesaikan pembangunan masjid AL Haibah di Mangkang dengan jumlah anggaran senilai Rp. 6,6 miliar, pengerjaan masjid tersebut memakan waktu sekitar 6 bulan. Masjid tersebut berlokasi di Ngaliyan, Kota Semarang, dengan luas tanah 1.210 meter persegi, dengan luas bangunan 610 meter persegi.

"Semua itu adalah wujud komitmen kami jajaran Pemkot dalam memperbanyak sarana ibadah termasuk masjid," ucapnya.

Semua itu adalah wujud komitmen kami jajaran Pemkot dalam memperbanyak sarana ibadah termasuk masjid

Dia menceritakan, sepanjang waktu dia sering diajak mengikuti kegiatan keagaman serta peresmian pembangunan Masjid di Kota Semarang. Dari kegiatan itu, membuatnya kagum, semangat, dan kerukunan warga dan jamaah dalam membagun masjid dengan swadaya.

Dia menuturkan, walau mengeluarkan dana yang cukup fantastis pembangunan di kawasan Mangunsari yang mencapai hingga Rp. 2 miliar dari swadaya uman. Ia menekankan dari contoh tersebut merupakan salah satu wujud semangat bergerak bersama yang perlu didukung.

Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang mengingatkan, yang tidak kalah penting dari pembangunan ada kemakmuran Masjid dengan memperbanyak amalan wajib dan Sunnah, dan menghidupkan berbagai kegiatan positif lainnya. Maka dari itu ia berharap, sejumlah masjid yang sudah dibangun bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dia sendiri kedepannya akan merencanakan pembangunan Masjid Raya di Kota Semarang. hal itu akan direncanakan di wilayah Mijen, Kota Semarang. Pembangunan Masjid Raya diperkirakan membutuhkan lahan seluas 10.0000 meter persegi.

"Untuk perencanaannya baru dilakukan pada tahun depan di 2021, semoga dapat berjalan lancar prosesnya," ungkapnya. []

(Handini) 

Baca juga:

Berita terkait
Menangi Pilkada Kota Semarang, Hendi - Ita Sujud Syukur
Pasangan Hendi - Ita mendominasi hasil itung cepat Pilkada Kota Semarang. Tak hanya dominan terhadap kolom kosong, petahana juga ungguli golput.
Kisah Orang Kristen Kebaktian di Masjid
Nabi mengizinkan orang Kristen kebaktian di masjid. Tidak seperti Rizieq Shihab tanya bidan Yesus siapa, atau UAS bilang ada jin kafir di salib.
Marbot Masjid di Tangerang yang Umrah Karena Menjaga Rumah
Seorang penjaga masjid atau marbot di Tangerang yang berasal dari Pandeglang, Banten, dibiayai kuliah dan umrah karena menjaga rumah.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.