UNTUK INDONESIA
Volkswagen Buat Mobil Listrik Murah untuk Eropa-Asia
Volkswagen berencana mengisi celah pasar segmen kendaraan listrik, dengan membuat mobil listrik kecil berharga lebih murah.
Mobil listrik Volkswagen e-up! (Foto: Antara/VW)

Jakarta - Produsen otomotif Jerman Volkswagen berencana mengisi celah pasar segmen kendaraan listrik, dengan membuat mobil listrik kecil berharga lebih murah dari yang beredar di dunia sekarang ini.

Volkswagen akan mengisi celah pasar itu dengan merek kendaraan listrik baru berharga terjangkau yang diproduksi untuk konsumen massal, sebagian besar di Eropa dan Asia, menurut laporan Automotive News, dikutip dari Antara, Senin, 4 April 2020.

Mobil listrik baru Volkswagen untuk ceruk pasar yang lebih besar itu, mengutip laporan tersebut Senin, akan dijual dalam kisaran harga 22.000 dolar atau sekira Rp 300-an juta.

Mobil listrik murah Volkswage dibangun berdasarkan platform Volkswagen yang dimodifikasi, antara lain bentuknya yang lebih pendek dan kompak.

Tantangan baru bagi Volkswagen untuk membuat mobil listrik kecil berbiaya sepertiga lebih murah dibanding Volkswagen ID.3.

CEO VW Group Herbert Diess mengatakan akan menggunakan merek baru, kemungkinan Seat Spanyol, untuk versi listrik mobil kota kecil, Volkswagen Up, Skoda Citigo, dan Seat Mii. Tujuannya adalah untuk membuat "langkah besar menuju mobilitas listrik yang bahkan lebih terjangkau."

Tetapi Volkswagen baru-baru ini merevisi "strategi mengenai merek, sistem produksi, dan pasar," menurut juru bicara perusahaan seperti dilaporkan Electrek.

Volkswagen sekarang kemungkinan akan menggunakan merek Volkswagen intinya untuk keluarga EV yang paling terjangkau, meskipun keputusan akhir belum dibuat.

Pada Maret 2020, Volkswagen mengklaim telah menerima pesanan 20.000 mobil listrik e-up! di Jerman.

Ralf Brandstätter, chief operating officer Volkswagen, juga mengatakan kepada majalah CAR Inggris bahwa ID.1 sedang dalam pengembangan.

Itu akan menjadi mobil terkecil di jajaran Volkswagen dari sekitar tujuh model listrik bermerek ID. Setelah insentif, harga target bisa turun di bawah 20.000 dolar.

Versi entry-level ID.3 sekarang dijual di pasar domestik Jerman dengan harga kurang dari 30.000 euro.

Sementara ID.3 edisi eksklusif khusus 1, dengan baterai 58-kWh dan jangkauan sekitar 420 kilometer (menurut WLTP) akan tersedia dengan harga kurang dari 40.000 euro.

Volkswagen e-up! berharga lebih terjangkau, sekitar 21.975 euro. e-up! dengan sistem baterai baru saat ini bisa menjangkau 260 kilometer untuk satu kali pengisian daya baterai penuh.[]

Berita terkait
Volkswagen: Virus Corona Bikin Kacau Otomotif Global
Volkswagen menyatakan pandemik virus corona (COVID-19) dapat menimbulkan kekacauan dalam industri otomotif global.
Volkswagen Sudah Produksi Mobil Listrik Sejak 1970
Produsen otomotif Volkswagen (VW) sudah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik sejak 50 tahun lalu, tepatnya pada 1970.
Volkswagen Pimpin Penjualan Otomotif Dunia
Volkswagen mengalahkan Toyota sebagai pabrikan otomotif dengan volume penjualan terbesar di dunia.
0
Volkswagen Buat Mobil Listrik Murah untuk Eropa-Asia
Volkswagen berencana mengisi celah pasar segmen kendaraan listrik, dengan membuat mobil listrik kecil berharga lebih murah.