UNTUK INDONESIA

Viral Video Tumpeng Haram Menarik Perhatian Kaesang Pangarep

Video ceramah Ustaz Abdul Azis terkait tumpeng haram karena merupakan ajaran Hindu dikomentari putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.
Ustaz Abdul Azis ceramah tumpeng haram. (Foto: Tagar/screenshot Twitter @@HafidzAlattas)

Jakarta - Video ceramah Ustaz Abdul Aziz yang mengharamkan tumpeng karena merupakan bagian dari ajaran agama Hindu viral di media sosial. Video berdurasi 1 menit 47 detik itu diunggah akun Twitter @HafidzAlattas

Pada video tersebut, Abdul Azis menjelaskan dalam keterangan di kitab Manawa Dharmasastra Weda Smerti, bahwa orang Hindu kasta terendah yaitu Kasta Sudra yang tidak bisa membaca kalimat Om swastyasyu Awikina Wastu Eka Eva Brahman maka cukup dengan membuat tumpeng berarti dia sudah resmi memeluk agama Hindu.

"Di dalam agama Hindu di dalam kitab Manawa Dharmasastra Weda Smerti bagi orang yang berkasta Sudra yang tidak bisa membaca kalimat syahadat Om Swastiastu Om Awignamastu Brahman maka di dalam Manawa Dharmasastra Weda Smerti dikatakan cukup membikin tumpeng," kata Abdul Azis dalam video tersebut.

"Tumpeng itu bentuknya adalah segitiga. Segitiga yang dimaksud disini adalah trimurti 3 manifestasi, Ida Sanghyang Widhi Wasa, Dewa Brahma Wisnu, dan Dewa Siwa dan mengatakan barang siapa yang sudah membikin tumpeng berarti dia sudah beragama Hindu," kata Abdul Azis.

Cuitan Kaesang pun mendapat balasan dari nitizen.

Pernyataan Abdul Azis ini pun menuai reaksi dari berbagai kalangan. Salah satunya yaitu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Melalui akun Twitter-nya @kaesangp, adik dari Gibran Rakabuming Raka ini mengomentari ceramah ustaz mantan pendeta agama Hindu ini.

"Kalo tumpeng hello kitty gimana?," tulis Kaesang yang disertai dengan unggahan gambar tumpeng berbentuk hello kitty.

Kaesangscreenshoot Twitter Kaesang Pangarep (Foto: Tagar/@kaesangp)

Cuitan Kaesang pun mendapat balasan dari nitizen. Akun Twitter @DeiMajorem. "Tumpeng udh, kue klepon udh, abis ini apalagi? Pempek kapal selam, Rogut, tempe semangit, bangun ruang limas segi empat beraturan... Duh banyak ya ayah bunda meresahkan sekali, banyak yg bisa membuat kita murtad. Wokkk," tulis pemilik akun tersebut.

Baca juga: Kaesang Pangarep Kena Virus Kerajaan Sunda Empire

Baca juga: Kaesang Pangarep Happy Dagangannya Dipromosikan PA 212

"Serius nanya...tumpeng bukannya bentuknya kerucut, bukan segitiga?," tulis pemilik akun Twitter @rianarizkirii. []

Berita terkait
Potong Tumpeng ala Polisi untuk Cegah Tawuran Manggarai
Potong tumpeng ala polisi sebagai langkah preventif untuk mendamaikan dua kelompok warga Manggarai yang kerap tawuran.
Tumpeng di Lautan, Tanda Cinta TNI untuk Polri
Tumpeng di lautan, tanda cinta TNI untuk Polri. Kejutan, kehangatan, dan sensasi dalam kapal yang masih gres, milik TNI AL Semarang.
Tumpeng Pertama Megawati untuk Jokowi
Megawati kemudian memotong tumpeng dan tumpeng pertama diberikan kepada Jokowi lalu JK, disusul Try Sutrisno dan Boediono serta Sabam.
0
Afifah Resmikan Rumah Quran Violet di Limo dan Cinere Depok
Calon Wakil Wali Kota Depok nomor urut 1, Afifah Alia meresmikan Rumah Quran Violet di Lingkungan Limo dan Cinere Kota Depok.