UNTUK INDONESIA
Viral Bayi dalam Kardus Ditinggal Ibunya di Taput
Warga Desa Panaiaran di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, digegerkan penemuan bayi laki-laki yang diletakkan di pinggir jalan.
Status di Facebook menyebut seorang bayi dalam kardus ditemukan warga di Desa Paniaran, Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara pada Kamis, 5 Maret 2020. (Foto: Tagar/tangkapan layar Facebook)

Taput - Warga Desa Paniaran, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, digegerkan penemuan bayi laki-laki yang diletakkan di pinggir jalan dengan dibungkus kardus pada Kamis, 5 Maret 2020.

Penemuan itu lalu diunggah akun Priadi Nababan di dinding Facebook pada pukul 23.25 WIB. "Ditemukan bayi dibungkus dalam kardus, Simpang Paniaran, Desa Paniaran ke Siborongborong," tulis Priadi.

Dalam waktu yang sama akun Tyson Sihombing juga mengunggah penemuan bayi lelaki itu. Dalam lampiran foto ada secarik kertas diduga ditulis oleh ibu bayi malang yang ditinggal di pinggir jalan.

Kasihan kamu Nak

"Ditemukan seorang bayi laki2 tepatnya di desa Paniaran kecamatan siborongborong, diduga sengaja ditinggalkan oleh ibunya sendiri," tulis akun Tyson Sihombing dengan emoticon sedih.

Secarik kertas yang diunggah disertakan sebuah foto seorang wanita tengah mengendong bayi. Terlihat juga dilampirkan video berdurasi singkat.

Dalam video si bayi malang menangis keras saat seorang ibu memberikan minuman dari dot berisi susu.

Secarik surat yang diunggah akun Tyson Sihombing tersebut, bertuliskan:

"Bapak atau Ibu yang menemukan bayi ini, saya minta tolong, tolong rawat bayi ini ya.

Saya tidak bisa mengasuhnya karna saya hidup sebatang kara. Saya hanyalah seorang korban perkosaan orang jahat yang tak mau bertanggung jawab atas perlakuanya dan juga saya tidak kenal sama dia. Saya tidak mampu mengasuh bayi ini karna saya tak kerja apa2 selain meminta-minta. Saya juga gak punya tempat tinggal. Saya mau masukkan bayi ini ke panti asuhan tapi tidak diterima karna saya tidak punya data diri. Saya tidak punya KTP. Tak punya kartu keluarga juga.

Sekali lagi tolong asuh anak saya ini, karena saya benar-benar tidak mampu. Saya sayang sama bayi ini, saya tidak mau membuat dia hidup menderita dengan saya. Sekarang dia lagi sakit. Lihat kepalanya. Bayi ini lahir tanggal 22 desember 2019".

Unggahan status penemuan bayi itu terlihat sudah dibagikan ratusan kali oleh netizen dalam hitungan menit dan ragam komentar pun bermunculan.

Akun Tyson Sihombing menginformasikan bahwa posisi bayi saat ini berada di Puskesmas Paniaran yang berada di Desa Paniaran, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.

Hingga berita ini ditayang, belum ada keterangan kepolisian secara resmi terkait kronologi penemuan seorang bayi laki-laki tersebut.[]

Berita terkait
Negatif Corona, Tiga Warga Taput Diisolasi di Rumah
Tiga orang warga Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara dalam pemantauan terkait dugaan infeksi virus Covid-19.
Pasien Corona di RS Tarutung? Ini Kata Bupati Taput
Tersebar informasi di grup WhatsApp Taput, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung menangani pasien diduga terpapar virus corona.
Pelaku Bentrok di Taput Dicopot dan Diproses Hukum
Pangdam I /Bukit Barisan memastikan proses hukum tetap berjalan terhadap para pelaku penyerangan markas Polsek Pahae Julu di Tapanuli Utara.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.