UNTUK INDONESIA

Jakarta - Sekapuk adalah sebuah desa di Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Desa ini pada awalnya dikenal sebagai desa tertinggal, banyak orang miskin, kesusahan, tidak punya ruang khusus untuk buang air besar. Belakangan desa ini menjadi perbincangan luas karena menobatkan diri sebagai desa miliarder. Tidak main-main, mobil dinasnya bermerek Alphard. 

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim bercerita banyak kepada Pemimpin Redaksi Tagar Fetra Tumanggor dalam wawancara khusus, Selasa, 8 September 2020. Abdul Halim secara detail menceritakan situasi desanya ketika masih dilabeli tertinggal hingga menjelma desa miliarder seperti sekarang. Abdul Halim juga menceritakan dengan gamblang segala upaya yang ia telah lakukan untuk menyulap situasi desanya.   

Pamor Sekapuk sebagai desa miliarder sudah terdengar ke mana-mana. Satu di antara upaya yang dilakukan Abdul Halim adalah menjadikan desanya sebagai tujuan wisata. Khusus ini bahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah kesempatan memberikan julukan Desa Miliarder Sekapuk adalah "Desa Jawa Rasa Eropa". Simak perbincangan menarik selengkapnya yang sedang viral, Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim dalam video.