Untuk Indonesia
Venezuela vs Peru, Susunan Pemain dan Prediksi
Venezuela dan Peru, dua tim yang bersaing ketat untuk saling memgalahkan di laga pertama Grup A Copa America, Minggu dini hari nanti.
Striker Venezuela Solomon Rondon akan menjadi andalan saat menghadapi Peru di laga pertama Grup A Copa America di Arena do Grmmio, Porto Alegre. (Foto: themag.co.uk)

Jakarta - Duel ketat di Grup A yang mempertemukan Venezuela melawan Peru yang akan bersaing memperebutkan satu atau mungkin dua tiket bersama Bolivia ke perempat final Copa America 2019. Bila satu tiket kemungkinan besar menjadi milik Brasil, maka tiga tim lainnya akan bersaing sehingga mereka bakal saling jegal. 

Venezuela memiliki kedalaman skuat lebih baik ketimbang Peru yang hanya mengandalkan striker veteran Paolo Guerrero dalam duel di Grup A di Arena do Gremio, Porto Alegre, Minggu 16 Juni 2019 pukul 02.00 WIB. 

Pelatih Peru Ricardo Gareca sesungguhnya juga membawa striker veteran lainnya Jefferson Farfan. Namun Guerrero yang merupakan kapten dan top scorer sepanjang masa tim nasional tentu yang menjadi pilihan pertama. 

Dirinya akan bertemu benteng pertahanan terakhir Venezuela yang masih muda, kiper Wuilker Farinez. Meski masih berusia 21, namun Farinez sudah menjadi andalan saat berdiri di bawah mistar. 

Venezuela memiliki modal bagus menghadapi Peru. Di laga uji coba terakhir, mereka sukses menghajar Amerika Serikat 3-0. Penampilan tim sudah lebih baik dibandingkan saat dikalahkan Meksiko 1-3. 

Dengan memakai skema 4-3-3 yang bisa berubah menjadi 4-5-1, pelatih Rafael Dudamel akan mengandalkan striker Salomon Rondon. Penyerang Newcastle United ini tengah on fire. Dirinya juga tercatat sebagai top scorer timnas dengan mencetak 24 gol. Dengan tiga di depan, Rondon akan didampingi Jhomn Murillo dan Jefferson Savarino. 

Sedangkan tiga di tengah merupakan perpaduan pemain muda dan senior. Kapten Tomas Rinzon yang berusia 31 akan bahu-membahu dengan Yangel Herrera yang berusia 21. Herrera merupakan bintang muda yang diprediksi melejit di Copa America. Sedangkan Junior Moreno akan bermain di belakang Rondon. 

Di belakang, kuartet Roberto Rosales, Mikel Villanueva, Jhon Chancellor dan Ronald Hernandez akan menjadi pilihan pertama. Mereka akan membentengi Farinez, kiper muda di Copa America. 

Penampilan Peru masih belum stabil. Di lima pertandingan uji coba terakhir, Peru hanya dua kali menang dan tiga kali mengalami kekalahan. 

Di laga ini, Pelatih Ricardo Gareca akan memakai skema 4-2-3-1. Pertahanan tim mengandalkan Miguel Trauco, Kuis Abram, Miguel Araujo dan Luis Advincula yang menjadi pilar Rayo Vallecano. 

Dengan menempatkan dua gelandang bertahan, Renato Tapia dan Yoshimar Yotun, Peru ingin memperkuat pertahanan. Gareca tampaknya mencoba mengantisipasi agresivitas Venezuela. 

Selanjutnya, dia menempatkan tiga gelandang Edison Flores, Christian Cueva dan Andre Carrillo yang menopang Guerrero. 

Kekuatan kedua tim sesungguhnya berimbang. Hanya bursa lebih mengunggulkan Peru dan Venezuela di-voor seperempat (1/4). Skor tipis kemungkinan besar yang akan tercipta. Margin gol pun hanya satu. 

Meski demikian, bursa memberi tips pada Venezuela. Pasalnya performa mereka lebih stabil ketimbang Peru. 

Prakiraan Susunan Pemain

Venezuela (4-3-3): Farinez-Rosales, Villanueva, Chancellor, Hernandez; Herrera, Moreno, Rincon; Murillo, Rondon, Savarino

Peru 4-2-3-1: Gallese-Trauco, Abram, Araujo, AdvĂ­ncula; Tapia, Yotun; Flores, Cueva, Carrillo; Guerrero

Bursa 

Venezuela vs Peru 1/4:0 (tips Venezuela) []

Berita terkait Copa America 2019: 

Berita terkait
0
Program Gojek yang Hanya Diterapkan di Yogyakarta
Gojek menghadirkan sebuah program yang hanya diterapkan di Yogyakarta yang akan memanjakan para siswa.