Jakarta - Gagal menang dan kembali mendapat cemooh suporter sendiri saat Brasil menghadapi Venezuela. Brasil yang mencetak tiga gol dan semua dianulir wasit akhirnya hanya mampu bermain imbang 0-0 di laga melawan Venezuela Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Bahia, Rabu 19 Juni 2019 pagi WIB.  

Hasil yang mengecewakan karena Brasil seharusnya bisa memenangkan pertandingan. Tercatat tiga pemain berbeda, Roberto Firmino, Gabriel Jesus, dan Philippe Coutinho yang membobol gawang Venezuela. Namun wasit Julio Bascunan tidak mengesahkan satu gol pun setelah ia meninjaunya melalui VAR.

Kegagalan mencetak gol menjadikan tim Brasil bernasib sama dengan di Sao Paolo. Mereka juga mendapat cemooh dari suporter di Bahia. 

Meski hanya menambah satu poin, namun Brasil bisa kembali ke puncak klasemen. Tim asuhan Tite mengantongi poin empat. Sama dengan Peru yang sebelumnya mengalahkan Bolivia 3-1. Namun Brasil unggul selisih gol. 

Hasil itu juga tetap membuka peluang Brasil lolos ke perempat final. Sedangkan Peru juga berpeluang mendampingi Selecao melaju ke babak berikutnya. Venezuela sendiri menduduki peringkat tiga dengan poin dua. Peluang mereka untuk lolos juga belum tertutup. 

Menguasai Permainan

Di pertandingan itu, seperti dikutip Goal.com, Brasil sesungguhnya menguasai permainan. Mengandalkan tiga pemain di depan, Coutinho, David Neres dan Firmino, tuan rumah beberapa kali mengancam pertahanan Venezuela.

Gawang Venezuela akhirnya bobol pada menit ke-39. Hanya sepakan Firmino yang menyelesaikan umpan Dani Alves tidak disahkan wasit. Gara-garanya, Firmino melakukan pelanggaran terhadap bek Venezuela Mikel Villanueva. Brasil mengakhiri babak pertama dan meninggalkan lapangan dengan iringan cemooh suporter.

Di babak kedua, Brasil sesungguhnya kembali mencetak gol. Adalah Gabriel Jesus yang menggantikan Richarlison yang sukses membobol gawang Venezuela setelah menyelesaikan umpan Firmino di menit 60. 

Namun setelah ditinjau melalui VAR, Firmino sudah dalam posisi offside sebelum mengirim bola kepada Jesus. Akibatnya gol striker Manchester City pun dianulir wasit. 

Agar tidak kemasukan lagi, Venezuela merapatkan barisan pertahanan. Akibatnya, Brasil kian kesulitan mencetak gol sampai akhirnya Coutinho yang menaklukkan kiper muda Venezuela Wuilker Farinez menit 86. Lagi-lagi gol itu dianulir sehingga skor tak berubah sampai akhir pertandingan. 

Di laga terakhir, Brasil akan menghadapi Peru di Sao Paulo pada Minggu, 23 Juni 2019 pagi WIB. Sedangkan Venezuela bertemu Bolivia di Belo Horizonte. 

Susunan pemain:

Brasil (4-2-3-1): 
Alisson-Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Luis, Casemiro, Arthur, Richarlison, Coutinho, Neres, Firmino

Venezuela (4-1-4-1): Farinez-Rosales, Osorio, Villanueva, Hernandez, Moreno, Machis, Herrera, Rincon, Murillo, Rondon []

Berita terkait Copa America 2019: