Jakarta - Brasil menatap perempat final Copa America 2019. Bila menang atas Venezuela di laga kedua Grup A di Fonte Nova Arena, Rabu 19 Juni 2019 pagi WIB, Brasil membuka peluang lolos ke perempat final. 

Brasil mengawali pertarungan di turnamen dengan meraih kemenangan 3-0 atas Bolivia. Hasil itu setidaknya menaikkan moral pemain. Pasalnya Selecao sempat diragukan gara-gara Neymar absen karena cedera engkel. 

Kini, problem Neymar-less sudah teratasi. Pemain depan David Neres bisa menggantikan posisi Neymar. Sedangkan Philippe Coutinho dimaksimalkan perannya di belakang Roberto Firmino dengan skema 4-2-3-1. Kolaborasi dua pemain yang pernah bersama di Liverpool ini bakal memberi kontribusi maksimal bagi Brasil.

Brasil tetap diunggulkan di laga kedua ini. Pelatih Tite tidak akan mengubah komposisi pemain, termasuk Allison menjadi kiper utama dan Ederson kembali duduk di bangku cadangan. Kuartet belakang menghadirkan duo bek tengah Paris Saint-Germain Marquinhos dan Thiago Silva. Sedangkan Dani Alves dan Filipe Luis menempati posisi sebagai full-backs

Fernandinho dan Casemiro yang tampil gemilang saat melawan Bolivia kembali diduetkan sebagai gelandang bertahan. Sedangkan Neres akan beroperasi di sayap kiri menggantikan Neymar dan Richarlison bermain di kanan. Coutinho akan dibebaskan saat bermain di belakang Firmino. 

Meraih Poin

Venezuela berharap kembali meraih poin saat menghadapi Brasil. Peluang menang mungkin sulit diraih, tetapi mereka minimal mengincar satu poin untuk menjaga peluang lolos ke babak berikutnya. 

Pelatih Rafael Dudamel kembali menggelar skema 4-5-1. Duo bek tengah Jhon Chancellor dan Mikel Villanueva kembali menjadi pilihan pertama. Sedangkan Roberto Rosales menggantikan Luis Mago yang dikartu merah di pertandingan melawan Peru. Di bek kanan ada Ronald Hernandez. 

Dudamel kembali menempatkan Junior Moreno sebagai gelandang bertahan. Dia juga didukung dua gelandang Yangel Herrera dan Tomas Rincon. Di sayap kanan ada Jefferson Savarino dan Jhon Murillo di kiri. Serangan Venezuela mengandalkan striker West Bromwich Albion Salomon Rondon untuk membongkar pertahanan Brasil.

Brasil sangat diunggulkan di laga tersebut. Bahkan tuan rumah diprediksi bisa meraih kemenangan besar. Bursa pun mengunggulkan Brasil bakal mencetak skor besar. Pasalnya Venezuela di-voor dua seperempat (2 1/4). Tampaknya Brasil diprediksi bisa menang dengan skor minimal tiga gol. 

Prakiraan Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson-Alves, Marquinhos, Silva, Luis; Fernandinho, Casemiro; Richarlison, Coutinho, Neres; Firmino

Venezuela (4-5-1): Farinez-Hernandez, Chancellor, Villanueva, Rosales; Savarino, Herrera, Moreno, Rincon, Murillo; Rondon

Bursa 

Brasil vs Venezuela 0:2 1/4 (tips Brasil) []

Baca juga: