UNTUK INDONESIA

Vaksinasi Virus Corona Dimulai Serentak di Uni Eropa

Negara yang tergabung di Uni Eropa resmi memulai program vaksin virus corona untuk 27 negara anggotanya pada 27 Desember 2020
Tokoh agama Kristen Ortodoks Yunani, Metropolitan Hierotheos of Nafpaktos da Agios Vlasios, menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 di RS Evangelismos, di Athena, 27 Desember 2020. (Foto: voaindonesia.com - Alkis Konstantinidis/Pool via AP)

Jakarta – Uni Eropa resmi memulai program vaksin virus corona untuk 27 negara anggotanya pada Minggu, 27 Desember 2020. Namun, Jerman sudah memberi suntikan pertamanya sehari lebih awal, hanya beberapa jam setelah menerima kiriman vaksin pertama.

Jerman memulai vaksinasi pertamanya pada Sabtu, 26 Desember 2020. Kantor berita DPA melaporkan warga Jerman pertama yang mendapat imunisasi vaksin buatan Pfizer-BioNTech, adalah penghuni panti lansia, Edith Kwoizalla, yang berusia 101 tahun.

Pada Minggu, 27 Desember 2020, tim vaksin gelombang pertama mulai memberi suntikan kepada warga di seluruh Jerman terutama pada komunitas di rumah-rumah lansia dan rumah sakit.

Di Kota Köln, Jerman, Minggu, 27 Desember 2020, Gertrud Vogel, perempuan berusia 92 tahun menjadi perempuan pertama di kota itu. Dia mendapat vaksinasi dari para dokter di rumah lansia di distrik Riehl.

Kelompok yang diprioritaskan adalah mereka yang berusia 80 tahun ke atas serta para pemberi layanan kesehatan dan staf RS yang berisiko terkena virus.

“Ini hebat. Saya merasa bangga dan saya berharap banyak orang, hampir semua orang divaksinasi. Kita beruntun hingga bisa membereskan masalah buruk ini. Sangat penting untuk mendapat vaksinasi dan tidak sakit,” kata Gertrud.

vaksin covidVaksin Covid-19 pertama buatan Pfizer/BioNtech untuk Belgia dikirim ke Rumah Sakit Gasthuisberg di tengah pandemi virus corona di Leuven, Belgia, Sabtu, 26 Desember 2020. (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jerman akan mendapat 1,3 juta dosis vaksin lainnya sebelum akhir tahun dan 10 juta lagi selama kuartal pertama 2021.

Vaksin-vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Jerman, BioNTech dan mitranya perusahaan farmasi Amerika, Pfizer itu, tiba dengan kontainer yang bersuhu sangat dingin di sejumlah rumah sakit pada Jumat, 25 Desember 2020, dari pabriknya di Belgia.

Yunani juga meluncurkan program vaksinasinya pada Minggu, 27 Desember 2020. Dosis pertama diberikan di RS Evangelismos di Athena serta empat rumah sakit lainnya di seluruh kawasan Attica.

Seorang perawat ICU dan laki-laki berusia 88 tahun menjadi yang pertama yang mendapat vaksin di negara itu.

Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou dan Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis berikutnya akan mendapat vaksin disusul para pemimpin politik dan pemimpin agama lainnya. Penduduk di Athena mengatakan lega, program vaksin akhirnya dimulai.

“Saya kira mayoritas warga Yunani akan melakukan vaksinasi sampai musim panas, saat seluruh vaksin tiba. Saya kira ini positif saya tidak melihat harapan lain kecuali vaksin,” ujar Hristos Koytsis, warga Athena.

alainAlain, 92 tahun, menerima dosis pertama vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech di rumah lansia Champmaillot di Dijon, Perancis tengah, Minggu, 27 Desember 2020. (Foto: voaindonesia.com/AP)

Sementara itu seorang perempuan bernama Mauricette dan ahli penyakit jantung di sebuah rumah sakit di Paris, Perancis, menjadi warga pertama yang mendapat vaksin Covid-19 pada Minggu, 27 Desember 2020.

“Saya seorang ahli penyakit jantung jadi saya melayani lansia. Jadi kita semua, para pekerja kesehatan harus bersama para pasien. Mereka divaksinasi, kita divaksinasi. Jadi sama,” kata Jean Jacques Monsuez

Mengingat banyak warga Perancis yang mempertanyakan keamanan vaksin virus ini, pemerintah Perancis berhati-hati dalam pesannya dan ingin memastikan agar tidak dianggap memaksakan vaksin kepada publik.

Pemerintah mengandalkan dan berharap para dokter bisa meyakinkan para pasien bahwa vaksin merupakan yang terbaik bagi mereka dan negara.

Vaksinasi pertama Perancis tidak disiarkan secara langsung di televisi dan tidak dihadiri para menteri pemerintah.

Spanyol salah satu pusat perebakan virus corona di Eropa juga memulai program vaksinasinya pada Minggu, 27 Desember 2020. Demikian pula Austria danCeko.

Perdana Menteri Republik Ceko, Andrej Babis, menjadi warga Ceko pertama yang mendapat vaksin di rumah sakit militer di Praha dan disiarkan secara langsung di televisi pemerintah (my/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Vaksinasi Virus Corona di Uni Eropa Dilakukan Serentak
Presiden Komisi Uni Eropa mengatakan bahwa vaksinasi virus corona (Covid-19) di negara-negara Uni Eropa akan dilakukan serentak
Spanyol Mulai Jalankan Vaksinasi Virus Corona
Spanyol mulai lakuka vaksinasi virus corona bagi warganya serya mengingatkan pada bulan-bulan mendatang pandemi yang lebih berat
Uni Eropa Beli 160 Juta Dosis Vaksin Virus Corona Moderna
Presiden Komisi Eropa, Ursula Von der Leyen, umumkan Uni Eropa sepakat dengan Moderna untuk beli 160 juta dosis kandidat vaksin virus corona
0
Vaksinasi Virus Corona Dimulai Serentak di Uni Eropa
Negara yang tergabung di Uni Eropa resmi memulai program vaksin virus corona untuk 27 negara anggotanya pada 27 Desember 2020