Vaksinasi Covid-19 Untuk Warga Dunia di Daerah Terpencil

Tim medis menempuh perjalanan panjang dan sulit untuk memvaksinasi orang-orang di daerah terpencil seluruh dunia
Vaksinasi di sungai (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Tim medis menempuh perjalanan panjang dan sulit untuk memvaksinasi orang-orang di seluruh dunia. Pekerjaan itu membawa mereka melintasi pegunungan dan sungai, menaiki pesawat, perahu, bahkan juga berjalan kaki. Uta Steinwehr melaporkannya untuk dw.com/id.

Mendaki gunungMendaki gunung (Foto: dw.com/id)

Mendaki gunung - Dibutuhkan fisik yang bugar bagi tenaga medis untuk memvaksinasi penduduk di daerah pegunungan di tenggara Turki. "Orang sering tinggal berdekatan dan infeksi bisa menyebar dengan cepat," kata Dr Zeynep Eralp. Orang-orang di pegunungan tidak suka pergi ke rumah sakit, jadi "kita harus pergi ke mereka," tambahnya.

Melintasi daerah bersaljuMelintasi daerah bersalju (Foto: dw.com/id)

Melintasi daerah bersalju - Banyak orang lanjut usia tidak dapat melakukan perjalanan ke pusat vaksinasi. Di Lembah Maira di Alpen Italia barat, dekat perbatasan dengan Prancis, dokter mendatangi rumah ke rumah untuk memberi suntikan Covid-19 kepada penduduk yang berusia lebih dari 80 tahun.

Penerbangan ke daerah terpencilPenerbangan ke daerah terpencil (Foto: dw.com/id)

Penerbangan ke daerah terpencil - Dengan membawa botol berisi beberapa dosis vaksin, perawat ini sedang dalam perjalanan ke Eagle, sebuah kota di Sungai Yukon di negara bagian Alaska, AS, daerah dengan penduduk kurang dari 100 orang. Masyarakat adat diprioritaskan dalam banyak program imunisasi.

Beberapa warga perlu diyakinkanBeberapa warga perlu diyakinkan (Foto: dw.com/id)

Beberapa warga perlu diyakinkan - Setiap hari, Anselmo Tunubala keluar masuk pemukiman di pegunungan Kolombia barat daya untuk meyakinkan warga tentang pentingnya vaksinasi. Banyak warga meragukan vaksin dan cenderung mengandalkan pengobatan tradisional, serta bimbingan para pemuka agama.

Jalan kaki selama berjam-jamJalan kaki selama berjam-jam (Foto: dw.com/id)

Jalan kaki selama berjam-jam - Pria dan wanita dalam foto di atas berjalan hingga empat jam untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di desa terpencil Nueva Colonia di Meksiko tengah. Mereka adalah penduduk asli Wixarika, atau lebih dikenal dengan nama Huichol.

Vaksinasi di sungaiVaksinasi di sungai (Foto: dw.com/id)

Vaksinasi di sungai - Komunitas Nossa Senhora do Livramento di Rio Negro di Brasil hanya dapat dijangkau melalui sungai. "Cantik! Hampir tidak sakit," kata Olga Pimentel setelah disuntik vaksin. Dia tertawa dan berteriak "Viva o SUS!" - "panjang umur pelayanan kesehatan masyarakat Brasil!"

Hanya diterangi cahaya lilinHanya diterangi cahaya lilin (Foto: dw.com/id)

Hanya diterangi cahaya lilin - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menentang vaksinasi Covid-19. Namun, di sisi lain kampanye itu telah berjalan. Penduduk asli keturunan budak Afrika, termasuk di antara yang kelompok pertama yang divaksinasi. Raimunda Nonata yang tinggal di daerah tanpa listrik, disuntik vaksin dibantu penerangan cahaya lilin.

Rela mendayung jauhRela mendayung jauh (Foto: dw.com/id)

Rela mendayung jauh - Setelah vaksinasi, seorang wanita tua dan putrinya mendayung menjauhi Bwama, pulau terbesar di Danau Bunyonyi di Uganda. Pemerintah negara Afrika tengah sedang mencoba untuk memasok daerah terpencil dengan vaksin Covid-19.

Medan yang beratMedan yang berat (Foto: dw.com/id)

Medan yang berat - Perjalanan lain melintasi perairan tanpa perahu. Dalam perjalanan menuju desa Jari di Zimbabwe, tim medis harus melewati jalan yang tergenang air. Menurut badan kesehatan Uni Afrika, CDC Afrika, kurang dari 1% populasi di Zimbabwe telah divaksinasi penuh.

Dari rumah ke rumahDari rumah ke rumah (Foto: dw.com/id)

Dari rumah ke rumah - Banyak orang di Jepang tinggal di desa terpencil, seperti di Kitaaiki. Warga yang tidak bisa ke kota, dengan senang hati menyambut dokter dan tim medis di rumah mereka untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Barang yang sangat berhargaBarang yang sangat berharga (Foto: dw.com/id)

Barang yang sangat berharga - Indonesia meluncurkan kampanye vaksinasi pada Januari 2021. Di Banda Aceh, tim medis melakukan perjalanan menggunakan perahu ke pulau-pulau terpencil. Vaksin di dalam kotak pendingin merupakan barang yang sangat berharga sehingga perjalanan tim medis didampingi petugas keamanan.

Tanpa masker dan tidak menjaga jarakTanpa masker dan tidak menjaga jarak (Foto: dw.com/id)

Tanpa masker dan tidak menjaga jarak - India menjadi negara terdampak parah pandemi Covid-19. Pada pertengahan Maret 2021, petugas medis mendatangi desa Bahakajari di Sungai Brahmaputra. Sekelompok wanita mendaftar untuk mendapatkan vaksin. Tidak ada yang memakai masker atau menjaga jarak aman. (ha/hp)/dw.com/id. []

Berita terkait
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19
Vaksinasi Gotong Royong Dorong Realisasi Vaksinasi Nasional
Vakinasi Gotong Royong yang dijalankan pihak swasta bagi karyawannya mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 secara nasional
Hadiah Vaksinasi di California Total 116,5 Juta Dolar AS
Warga California, Amerika Serikat (AS), yang divaksinasi berhak mendapat hadiah uang tunai total 116,5 juta dolar AS
0
Vaksinasi Covid-19 Untuk Warga Dunia di Daerah Terpencil
Tim medis menempuh perjalanan panjang dan sulit untuk memvaksinasi orang-orang di daerah terpencil seluruh dunia