Tutorial Wisata ke Borobudur dan Prambanan Selama PPKM Mikro

Selama PPKM Mikro periode 23 Juni--2 Juli 2021, kunjungan ke Candi Borobudur hanya di Zona 2 atau Area Taman Wisata Taman Candi Borobudur.
Candi Borobudur. (Tagar/Pexels/Tomas Malik)

Jakarta - Pengetatan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro turut diberlakukan dalam kegiatan wisata. Tidak terkecuali dengan kunjungan ke destinasi wisata ikonik, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Selama PPKM Mikro periode 23 Juni--2 Juli 2021, kunjungan ke Candi Borobudur hanya di Zona 2 atau Area Taman Wisata Taman Candi Borobudur. Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Taman Wisata Candi Borobudur pada Rabu, 23 Juni 2021 lalu.

Dikutip Tagar dari situs Kementerian BUMN, pembatasan kuota kunjungan ke Candi Borobudur, yakni 4.000 orang per hari. Untuk jam layanan, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Saat ini, harga tiket masuk ke candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini, untuk wisatawan lokal dewasa seharga Rp50 ribu dan Rp25 ribu untuk anak-anak. Pembelian tiket dapat dilakukan secara online.

Borobudur HighlandKawasan pariwisata Borobudur Highland. (Foto: Tagar/Travel)

Pengunjung dapat mengakses laman borobudurpark.com dan membeli tiket pada "Pesan Tiket". Sebelum membeli tiket online, turut dihadirkan pula imbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Pengunjung diimbau untuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak kira-kira satu meter, cek suhu tubuh, serta dilarang membawa makanan dari luar. Selain itu, kawasan Candi Borobudur disanitasi secara rutin.

Saat mengakses situs web Candi Borobudur, terdapat dua pilihan, yakni candi yang akan dikunjungi dan tipe wisatawan, kemudian klik beli, dan pilih tanggal kunjungan, dan pilih berapa pengunjung dewasa juga anak-anak. Untuk pembayaran tiket, pengunjung diharuskan sign-in akun atau membuat akun terlebih dahulu, jika belum memilikinya.

Sementara, beberapa hal juga perlu diketahui pengunjung sebelum berwisata ke Candi Prambanan selama PPKM Mikro periode 23 Juni--2 Juli 2021. Informasi ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Taman Wisata Candi Prambanan pada Rabu, 23 Juni 2021.

Candi BorobudurPotret keindahan wilayah Candi Borobudur. (Foto : Instagram/pakindro)

Kunjungan di Candi Prambanan hanya di Zona 2 atau Area Taman Wisata Taman Candi Prambanan. Pembatasan kuota kunjungan ke candi yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini adalah 1.000 orang per hari.

Seperti Candi Borobudur, jam layanan di Candi Prambanan juga pukul 08.00--15.00 WIB. Harga dan proses pembelian tiket juga serupa dengan kunjungan ke Candi Borobudur.

Ada pula informasi lain yang disampaikan melalui highlight. Bagi pengunjung yang menunjukkan hasil Swab PCR atau Swab Antigen atau GeNose atau sertifikat vaksinasi Covid-19 yang masih berlaku saat kunjungan, mendapat akses masuk khusus.

PrambananWisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu, 1 Juli 2020. PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko membuka kembali kunjungan wisata Candi Prambanan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta pembatasan jumlah pengunjung setelah tutup selama tiga bulan akibat pandemi Covid-19. (Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Candi Borobudur telah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. CHSE merupakan protokol standar yang harus diterapkan demi keamanan dan kenyamanan, terutama di kawasan Taman Wisata.

Taman Wisata Candi Borobudur, resmi memperoleh CHSE Cerfitication ini pada 19 November 2020 lalu. Sementara, Taman Wisata Candi Prambanan juga telah tersertifikasi CHSE pada 26 November 2020 lalu. []

Baca Juga: Sandiaga Uno Luncurkan Trial of Civilization Candi Borobudur

Berita terkait
Sandiaga Uno Luncurkan Trial of Civilization Candi Borobudur
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kegiatan ini akan meningkatkan kualitas belanja wisatawan.
Ganjar Pranowo Temui Seniman Bahas Pengembangan Candi Borobudur
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menemui seniman gaek Tanto Mendut untuk membahas rencana pengembangan kawasan objek wisata Candi Borobudur.
Tiga Menteri Bantu Ganjar Pranowo Kembangkan Wisata Candi Borobudur
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima kunjungan tiga menteri untuk membantu percepatan dalam pengembangan kawasan wisata Candi Borobudur.
0
Tutorial Wisata ke Borobudur dan Prambanan Selama PPKM Mikro
Selama PPKM Mikro periode 23 Juni--2 Juli 2021, kunjungan ke Candi Borobudur hanya di Zona 2 atau Area Taman Wisata Taman Candi Borobudur.