Turnamen Liga Sepak Bola Perempuan Pertama di Arab Saudi

Sepak bola perempuan di Arab Saudi telah mengambil langkah maju yang signifikan dengan menggelar turnamen liga nasional pertama yang sukses
Para pemain Tim Sepak Bola Nasional Wanita Saudi pertama, tengah dilatih oleh veteran Jerman, Monika Staab, di stadion Pangeran Faisal bin Fahad bin Abdulaziz di Riyadh, 2 November 2021 (Foto: voaindonesia.com - Fayez Nureldine/AFP)

Jakarta – Sepak bola perempuan di Arab Saudi telah mengambil langkah maju yang signifikan dengan menggelar turnamen liga nasional pertama yang sukses. Hal itu menambah semangat para remaja perempuan yang ingin terjun dalam olah raga sepak bola di kerajaan itu.

Pembentukan liga tersebut, dengan dukungan penuh dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi dan FIFA, merupakan bagian dari strategi yang lebih luas bagi sepak bola perempuan.

Ibrahim Al Kassim, Sekjen Federasi Sepak Bola Arab Saudi, mengatakan, "Kami mulai membentuk Tim Nasional Perempuan sebelum kejuaraan liga. Kami melakukan banyak uji coba di berbagai kawasan di Arab Saudi dan sungguh, kami takjub dengan banyaknya peserta perempuan. Kami mendapati hampir 800 peserta! 800 pesepak bola perempuan, yang ambil bagian dalam uji coba semata-mata untuk menjadi anggota timnas," jelasnya.

"Membentuk liga telah menjadi tujuan yang ingin dicapai sejak kami bekerja sama dengan pemerintah. Kami bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Arab Saudi pada tahun 2019 dan Sepak Bola Perempuan menjadi salah satu target terpenting kami. Jadi kami mulai membuat perencanaan dan menyelenggarakan turnamen liga sepak bola perempuan pertama," imbuh Ibrahim.

pelatih sepak bola putri jerman di arab saudiPelatih sepak bola asal Jerman, Monika Staab, memimpin sesi pelatihan untuk Tim Nasional Sepak Bola Wanita Saudi yang baru dibentuk di Stadion Pangeran Faisal bin Fahd di Riyadh, 2 November 2021 (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Ibrahim Al Kassim menambahkan, kini impian atau sasaran itu telah tercapai. "Kami melihat kegembiraan di antara para perempuan, tidak hanya mereka yang memenangkan pertandingan itu, namun juga dari seluruh perempuan yang berpartisipasi dalam kejuaraan itu, karena mengikuti pertandingan tersebut merupakan impian mereka."

Federasi Sepak Bola Arab Saudi juga mengembangkan kemampuan pelatih, wasit, pemain dan pembentukan timnas perempuan. Tujuan utamanya adalah ikut babak kualifikasi kejuaraan sepak bola Piala Dunia Perempuan FIFA.

Lamia Bahian, Kepala Sepak Bola Perempuan dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi mengatakan, "Pesan saya bagi remaja perempuan yang bermain sepak bola atau ingin bergabung dengan tim bola, adalah, miliki selalu cita-cita yang tinggi, bermain dengan penuh semangat dan sepenuh hati di lapangan dan saat berlatih. Akan ada banyak tantangan yang dihadapi, namun sepak bola merupakan hal terbaik yang pernah dimiliki perempuan remaja atau dewasa."

Al-Mamlaka dari Al Khobar di Provinsi Timur, meraih gelar juara dengan mengalahkan tim Challenge di stadion olah raga terbaru di Arab Saudi. Sementara tim sepak bola Al-Yamanah mengalahkan tim Jeddah Eagles dalam perebutan tempat ketiga.

latihan pemain sepak bola putri arab saudiPara pemain Tim Sepak Bola Nasional Wanita Saudi pertama tengah dilatih oleh pelatih sepak bola veteran Jerman, Monika Staab, di stadion Pangeran Faisal bin Fahad bin Abdulaziz di Riyadh, 2 November 2021 (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Seba Rabea, pemain dari tim Jeddah Eagles mengatakan, "Harapan saya bagi sepak bola Arab Saudi secara umum adalah kami, timnas Saudi, dapat berpartisipasi dalam Piala Dunia pada tahun 2027, jika Tuhan mengizinkan dan klub-klub itu dapat ikut berlaga dalam kejuaraan Asia dan kami dapat mencetak sejarah."

Turnamen liga sepak bola perempuan itu digelar pada bulan November 2021 lalu dan menampilkan 16 tim pesepak bola perempuan, yang dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan wilayah. Delapan tim kemudian maju ke laga semifinal dan final yang dilakukan di Jeddah pada bulan Januari 2022 ini (lj/uh)/voaindonesia.com. []

Kim Kardashian Terbangkan Pemain Sepak Bola Perempuan Afghanistan ke Inggris

Transgender Bermain di Liga Sepak Bola Perempuan Argentina

Peringkat Sepak Bola Wanita Dunia

Lima Pesepak Bola Wanita Cantik Terbaik Dunia

Berita terkait
Transgender Bermain di Liga Sepak Bola Perempuan Argentina
Mara Gomez, transpuan (waria) yang bermain sepak bola di liga perempuan Argentina untuk mengatasi diskriminasi dan pengucilan
0
Turnamen Liga Sepak Bola Perempuan Pertama di Arab Saudi
Sepak bola perempuan di Arab Saudi telah mengambil langkah maju yang signifikan dengan menggelar turnamen liga nasional pertama yang sukses