UNTUK INDONESIA
Turki Minta Bantuan NATO untuk Hadapi Ancaman
Menghadapi ancaman karena menyerang kelompok Kurdi di Suriah, Turki meminta bantuan NATO untuk tunjukkan solidaritas.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Istanbul - Turki meminta kepada Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg agar persekutuan dapat menunjukkan solidaritasnya kepada Turki dalam menghadapi ancaman keamanan, seperti dilansir Antara, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Ungkapan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Jumat, 11 Oktober 2019, ketika sedang berbincang dengan Cavusoglu pada acara jumpa pers di Istanbul.

NATO harus bisa menemukan solusi menyelesaikan masalah yang berkepanjangan.

Sementara, Stoltenberg mengatakan kepada Turki agar bertindak sambil menahan diri dalam melancarkan operasi militernya ke Suriah. Selain itu ia berpesan kepada Turki untuk memastikan kemajuan yang telah dicapai dalam memerangi ISIS di Suriah tidak terganggu.

Lebih lanjut, Stolteberg menyebut, NATO harus bisa menemukan solusi menyelesaikan masalah yang berkepanjangan terkait tahanan ISIS di Suriah

Sedangkan, Turki sudah bertekad untuk tetap menggempur pertahanan kelompok Kurdi di Suriah yang dianggap sebagai kelompok teroris yang mengancam kedaulatan negeri sekuler itu. 

Diketahui, Turki telah melancarkan serangan militer terhadap para pasukan kelompok Kurdi Suriah di timur laut pada Rabu, 9 Oktober 2019 setelah beberapa hari Amerika Serikat menarik pasukannya dari wilayah itu.

Menurut Presiden Turki Tayyip Erdogan operasi itu dilakukan bertujuan untuk memusnahkan jalur teroris di perbatasan selatan Turki. Namun, negara-negara Eropa meminta Ankara untuk menghentikan operasi tersebut. []

Berita terkait
Liga Arab Bereaksi Atas Agresi Turki ke Suriah
Liga Arab dijadwalkan bakal menggelar sidang darurat untuk membahas serangan militer Turki ke Suriah.
Trump Ancam Ekonomi Turki Jika Serang Kurdi di Suriah
Donald trump ancam hancurkan ekonomi Turki jika melakukan penyerangan militer kelompok Kurdi, di Suriah yang merupakan sekutu AS.
Kronologi Maharani Hilang di Suriah Bertemu Keluarga
Maharina bercerita keluarga sudah menganggap kakaknya, Maharani, meninggal di negara konflik Suriah. Ini kronologi pertemuan Maharani dan keluarga
0
Resmi, Final Persebaya Vs Persija di Sidoarjo
Final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya dan Persija digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis, 20 Februari 2020 tanpa Jakmania.