Tumpahan Minyak Mencemari Pantai California

Tumpahan minyak terbesar di lepas pantai California, AS, cemari pantai-pantai yang populer di wilayah tersebut dan membunuh satwa liar
Tampak minyak terbawa ke area daratan dari Huntington Beach, California, AS, 3 Oktober 2021. Tumpahan minyak cemari wilayah pesisir selatan California yang mengakibatkan pantai-pantai di kawasan tersebut tercemar (Foto: voaindonesia.com - AP/Ringo H.W. Chiu)

Jakarta – Salah satu tumpahan minyak terbesar di lepas pantai California, Amerika Serikat (AS), mencemari pantai-pantai yang populer di wilayah tersebut dan membunuh satwa liar. Para petugas pada Minggu, 3 Oktober 2021, berusaha mengendalikan minyak itu sebelum menyebar lebih jauh ke lahan basah yang dilindungi.

Pernyataan dari pemerintah Kota Huntington Beach mengatakan sedikitnya 477.000 liter minyak tumpah ke perairan di lepas pantai Orange County. Surat Kabar Los Angeles Times melaporkan banyak burung dan ikan mati akibat tumpahan minyak tersebut.

"Tumpahan ini sangat berdampak pada Huntington Beach, dampak ekologi substansial terjadi di pantai dan Lahan Basah Huntington Beach," demikian menurut pernyataan tersebut.

Tumpahan minyak itu menimbulkan genangan seluas satu kilometer di laut. Gumpalan minyak hitam terbawa ke pantai bersama bangkai burung dan ikan. Para petugas yang dipimpin oleh Garda Pantai Amerika Serikat mengerahkan perangkat skimmer dan penghalang yang dijuluki boom, untuk berusaha mencegah minyak meluas ke lahan basah dan Cagar Ekologi Bolsa Chica.

letak californiaLetak geografis California di AS (Sumber: ontheworldmap.com)

Minyak yang lengket itu berasal dari jalur pipa yang rusak yang tersambung dengan anjungan minyak lepas pantai bernama Elly, yang berjarak sekitar delapan kilometer dari pantai, kata pejabat Orange County Katrina Foley melalui akun Twitter miliknya.

Pernyataan Huntington Beach Minggu, 3 Oktober 2021, pagi mengatakan, "Meski kebocoran itu belum bisa dihentikan sepenuhnya, upaya awal telah selesai untuk memperbaiki lokasi tumpahan minyak," dan upaya perbaikan lainnya akan segera dilakukan (vm/ka)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Gugatan Petani Rumput Laut NTT Dimenangkan Pengadilan Sydney

Muntahan Minyak Mentah Pertamina Cemari Pantura

1.500 Personel Bersihkan Tumpahan Minyak Pertamina

Suyono dan Sutoyo, Pemancing Korban Tumpahan Minyak Balikpapan Belum Ditemukan

Berita terkait
1.500 Personel Bersihkan Tumpahan Minyak Pertamina
Sebanyak 1.500 personel diterjunkan Pertamina Hulu Energi Offshore North Java untuk membersihkan tumpahan minyak di Pantai Karawang.
0
Tumpahan Minyak Mencemari Pantai California
Tumpahan minyak terbesar di lepas pantai California, AS, cemari pantai-pantai yang populer di wilayah tersebut dan membunuh satwa liar