UNTUK INDONESIA

Tujuan Populer Destinasi Wisata Religi Umat Kristen

Belakangan ini bekembang wisata religi selain menikmati pemandangan alam dan budaya juga mengasah nurani untuk persaudaraan
Lourdes, Perancis. (Foto: nazarettour.co.id)

Jakarta - Umat Kristen di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, banyak yang tertarik dengan wisata religi. Banyak warga yang rela menabung untuk bisa mendatangi dan merasakan sensasi beribadah langsung ke tempat-tempat yang disucikan umat Kristiani di berbagai negara di dunia.

“Saya mengikuti wisata religi untuk memperkuat spiritualitas, hidup bersama, belajar bersama, dan terpanggil bersama untuk mewujudkan perdamaian dan persaudaraan sesama umat,” ujar John Ruhulussen, 52 tahun, wisatawan asal Indonesia. John sudah mengunjungi Bethlehem dan Gereja Padang Gembala.

“Dengan mengikuti wisata religi, saya mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai sejarah masa lalu. Selain itu, bisa memberikan ketenangan untuk diri saya dan menambah keimanan,” ujar John, warga Maluku ini.

Berikut beberapa tujuan wisata religi yang menjadi pilihan umat Kristiani yang dirangkum Tagar dari berbagai sumber.

basilica santo petrusBasilica Santo Petrus (Foto: gotravelly.com)

Basilica Santo Petrus. Basilica Santo Petrus, salah satu situs ziarah tersuci dalam Kekristenan yang terletak di Vatikan, Italia. Banyak lukisan relief-relief yang dipajang untuk menambah keindahan gereja ini

Kepala arsitek pada tahun 1546, Michelangelo, merancang kubah terkenal di Basilika Santo Petrus ini. Kubah tersebut sebagai landmark kota yang khas. Peziarah juga dapat mengunjungi makam-makam Paus terdahulu yang telah wafat.

museum vatikanSuasana di Museum Vatikan saat pandemic (Foto: destinasian.co.id)

Museum Vatikan. Dalam bahasa Italia populer dengan nama Musei Vaticani. Museum ini berisi kumpulan kesenian publik dan patung di Kota Vatikan yang memperlihatkan karya-karya terbaik milik Gereja Katolik Roma.

Ketika berada di museum ini, Anda seolah diajak untuk mengingat dan melihat kembali peninggalan-penggalan sejarah. Terlebih, ketika menelusuri lorongnya, terdapat miniatur maupun bentuk asli dari sejarah kebesaran Vatikan yang seakan membuat Anda sedang memutar balik kisah masa lalu.

Peninggalan sejarah yang dimiliki oleh Musei Vaticani ini memiliki perbedaan usia yang berbeda-beda, antara lain benda-benda dari abad XV - XX. Koleksi tersebut disusun dengan rapi mulai dari Museum Perpustakaan Apostolik Vatikan 1475 sampai Museum Kesenian Kristen Modern 1973.

castle angeloCastel San’t Angelo tampak depan (Foto: romesite.com)

Castel San’t Angelo. Kastil menjadi ciri khas dari bangunan di Vatikan ini. Castel San’t Angelo atau kastil malaikat kudus ini salah satu kastil yang terkenal di Vatican. Kastil ini didirikan sejak zaman Kekaisaran Roma dari Italia sehingga sudah cukup tua.

Saat Perang Dunia ke I hingga Perang Dunia ke II, Castel San’t Angelo ini digunakan sebagai benteng pertahanan untuk mengusir musuh yang datang. Setelah itu, beralih fungsi jadi tempat yang kini banyak didatangi oleh para wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

gereja padang gembalaGereja Padang Gembala. (Foto: efrattour.com)

Gereja Padang Gembala. Di Bet Sahur, sebelah timur kota Betlehem terdapat Gereja Padang Gembala yang cukup terkenal. Wilayah Betlehem dikenal dengan kota kelahiran Yesus. Wilayah di kompleks gereja ini nampak subur karena dahulu sebagai tempat Padang Gembala. Di dalam kompleks terdapat goa tempat gembala yang dipercaya mendapat kabar dari malaikat Jibril tentang kelahiran Isa Al Masih.

Pada abad ke-6, sebuah gereja berdiri di atas gua. Di dalam kubahnya terpahat apik patung para malaikat. Selain itu, di dinding gereja terlukis sejarah kelahiran Yesus. Di depan gereja juga terdapat taman yang menjadi tempat berfoto para pengunjung. Suasana di tempat ini tak hanya religius, para peziarah juga memanfaatkannya untuk menikmati keindahan alam.

lourdesLourdes, Perancis. (Foto: nazarettour.co.id)

Lourdes, Prancis. Kota Lourdes menjadi populer karena penampakan Bunda Maria kepada gadis polos bernama Bernadette Soubirous pada 1858. Setelah kejadian itu, kota ini menjadi salah satu situs yang paling penting di dunia tujuan ziarah umat Kristiani dari seluruh penjuru dunia.

Sekitar kurang lebih enam juta peziarah dan turis dari seluruh penjuru dunia tiap tahun mengunjungi Lourdes. Pengunjung yang banyak menopang kepariwisataan di Prancis. Mata air di Lourdes dikenal para peziarah untuk meminta mukjizat kesembuhan.

fatimaProsesi lilin di Fatima, Portugal (Foto: renatatours.com)

Fatima. Goa Maria yang berada di Fatima, Portugal, ini didirikan pada tahun 1928. Pada 1917, Bunda Maria pernah menampakan dirinya kepada tiga anak kecil, antara lain Fransisco Marto, Jacinta Marco, dan Lucia dos Santos, yang makamanya berada di lokasi ini.

Para peziarah biasanya mengunjungi makam para visioner dan melakukan prosesi lilin di malam hari. Di sana juga dapat melaksanakan ibadah Misa Kudus. Tempat ini mampu menampung lebih dari 2.000 orang. Sekitar empat juta peziarah mengunjungi Goa Maria Fatimah setiap tahun.

Di Indonesia ada beberapa biro perjalanan yang menyediakan paket wisata religi untuk umat Kristiani. Dengan biaya sekitar Rp 40 hingga 50 juta per orang, misalnya, Anda dapat mengikuti wisata religi ke Vatikan dan beberapa tempat wisata religi lain di Eropa (dari berbagai sumber). [] (Amalia Amriati Fajri)

Berita terkait
Pemimpin Islam dan Kristen Sudan Sepakat Kebebasan Beragama
Pemimpin agama Islam dan Kristen Sudan telah sepakat untuk bergabung dan menggalakkan kebebasan beragama di negara itu
Lima Destinasi Wisata Umat Kristen di Indonesia
Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, keharmonisan tersebut juga dapat dilihat dari keberagaman lokasi wisata rohani di Indonesia.
0
Tujuan Populer Destinasi Wisata Religi Umat Kristen
Belakangan ini bekembang wisata religi selain menikmati pemandangan alam dan budaya juga mengasah nurani untuk persaudaraan