Tuan Rumah PON XX, Papua Cetak Hari Bersejarah

Tuan rumah PON XX 2021 mencetak sejarah karena telah melampaui target pencapaiannya dengan meraih 89 medali emas dan 57 medali perak.
Tim kesebelasan putri Papua saat meraih medali emas cabang olahraga sepak bola pada PON XX Papua di Stadion Kaltapal, Merauke (Foto: Tagar/ponpapuafoto)

Jakarta – Tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, Papua mencetak hari bersejarahnya karena telah melampaui target pencapaiannya. Pada malam ini, Rabu, 13 Oktober 2021 Papu berhasil meraih 86 medali emas, 57 medali perak dan 93 medali perunggu.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, sebelum menurunkan para atletnya mempunyai target dengan mendapatkan 84 medali emas dari 37 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga yang akan di ikuti oleh para atlet Papua.

“Target yang kita harapkan bisa mendapatkan 84 medali emas pada PON XX dari 37 cabor dan 56 disiplin yang akan kita ikut,” ujar Kenius Kogoya, Sekretaris Umum KONI Papua Rabu, 13 Oktober 2021.

Kontingen Papua sangat bangga dengan hasil pencapaian mereka, walaupun belum mampu menandingin Jawa Barat dan DKI Jakarta sebagai juara umum. 

Papua menempati posisi keempat pada klasemen terakhir pada malam ini dengan pencapaian medali emas terakhir kali dari terjun payung, tinju, atletik, menembak, dan catur.

Kenius mengatakan bahwa pencapaian itu sangat realistis jika dilihat dari perjuangan para atlet yang telah dijalani untuk mengikuti PON XX 2021 di masing-masing cabang olahraga. 

Ia merasa pemusatan latihan (TC) jangka panjang hingga try out dan try ini yang telah dijalani bisa memaksimalkan pencapaian pada PON XX 2021 di rumah sendiri.

KONI Papua menurunkan 945 atlet yang terdiri dari 541 atlet putra dan 404 atlet putri bisa melebihi target yang telah ditentukan oleh Kenius yang telah lama diinginkan oleh Tanah Papua yang menjadi salah satu kiblatnya olahraga Indonesia.

Pencapaian tertinggi yang dibuat oleh kontingen Papua terakhir kali di ajang PON diraih pada PON XI yang berlangsung di Jakarta pada tahun 1985.

Saat itu Papua berhasil menempatkan posisi pada peringkat ke-5 dengan mendapatkan 23 medali emas, 24 medali perak, dan 26 medali perunggu.

Sementara itu, perolehan medali terbanyak pada posisi satu masih dipegang oleh kontingen Jawa Barat hingga saat ini dengan total 333 medali. Pada posisi kedua terdapat Jawa Timur dengan total 270 medali. Dan posisi ketiga dipegang oleh DKI Jakarta dengan total 282 medali.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Tersisa Lima Emas di Hari Terakhir Catur PON XX Papua 2021
Rapper asal Amerika Serikat, Tyga, telah ditangkap atas tuduhan tindak kekerasan dalam rumah tangga menyusul tuduhan pelecehan oleh mantan pacar.
Daftar Pertandingan PON XX Papua, Rabu 13 Oktober 2021
PON XX Papua masih berlangsung yang memperlombakan 29 cabang olahraga yang diikuti oleh 6.496 atlet di seluruh Indonesia. Ini daftar pertandingan.
2 Kapal Isoter dan 4 Bandara Hingga H+5 Penutupan PON XX Papua
Menhub Budi Karya Sumadipastikan dua kapal isolasi terpusat (Isoter) dan empat bandar udara (bandara) tetap bersiaga hingga 20 Oktober 2021
0
Tuan Rumah PON XX, Papua Cetak Hari Bersejarah
Tuan rumah PON XX 2021 mencetak sejarah karena telah melampaui target pencapaiannya dengan meraih 89 medali emas dan 57 medali perak.