UNTUK INDONESIA

Tronton Boks Vs Truk Sampah di Bawen Semarang, 3 Meninggal

Kecelakaan maut terjadi di Bawen, Kab Semarang. Truk tronton boks mengantam truk sampah. Tiga pekerja pengangkut sampah meninggal dunia.
Kecelakaan maut antara truk tronton boks dengan truk sampah terjadi di Bawen, Kabupaten Semarang. Tiga pekerja pengangkut sampah meninggal di lokasi kejadian. (Foto: Tagar/Istimewa)

Semarang - Kecelakaan terjadi di Jalan Soekarno Hatta Bawen, Kabupaten Semarang, Sabtu, 16 Januari 2021. Kecelakaan maut antara truk tronton boks dengan truk sampah di kawasan Merakrejo, tak jauh dari pabrik PT Apac Inti Corpora ini mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

Kapolres Semarang Ajun Komisaris Besar Polisi Ari Wibowo mengungkapkan kejadian di jalur utama penghubung Semarang - Solo/Yogyakarta terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. Selain tiga meninggal, kecelakaan tersebut juga membuat empat orang terluka. 

"Tiga orang teridentifikasi meninggal dan empat orang luka ringan. Ketujuh korban kemudian dibawa ke RS Ken Saras," ujar Ari kepada awak media di sela memimpin proses evakuasi para korban sekaligus mengurai kemacetan. 

Dari arah atas (Bawen) melaju kencang kemudian menghantam motor, truk dan bangunan di sisi kiri jalan, mungkin rem blong.

Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan kepolisian. Namun informasi dari warga sekitar, diduga karena truk boks mengalami rem blong. Berjalan dari arah Bawen ke Ungaran atau dari selatan ke utara, truk berjalan kencang dan terkendali. 

"Dari arah atas (Bawen) melaju kencang kemudian menghantam motor, truk dan bangunan di sisi kiri jalan, mungkin rem blong. Suara tabrakan sangat keras," ujar Santoso, 53, warga Ungaran yang kebetulan melintas di lokasi kejadian.   

Truk bernomor polisi B 9136 ZE itu kemudian menabrak truk dump pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup H 8011 XC dan sebuah sepeda motor. Beruntung pengendara motor itu jatuh di sisi kiri jalan sehingga terhindar dari terjangan truk.

Sementara ketika mengantam truk sampah, empat pegawai pengangkut sampah DLH yang tengah berada di atas truk terpental dan mengantam jalan. Tiga korban di antaranya meninggal dunia di lokasi kejadian.  

Tiga korban meninggal diketahui beridentitas Joko Sucipto 44 tahun, Sutejo 43 tahun dan Jumingan 46 tahun, semuanya warga Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. 

Baca juga: 

Truk tronton boks akhirnya berhenti setelah menabrak sejumlah bangunan milik warga. Truk juga merusak sejumlah utilitas yang terpasang di sisi kiri jalan.  

Imbas dari kecelakaan, material sampah berhamburan ke jalan lantaran truk DLH terguling ke badan jalan. Dan menyebabkan arus lalu lintas di lokasi tersendat beberapa jam. Ceceran sampah, tumpahan oli kemudian dibersihkan oleh petugas Damkar dibantu relawan dan warga. []

Berita terkait
Kecelakaan Xenia Vs Vario di Kudus, Pemotor Dilarikan ke RS
Kecelakaan melibatkan Xenia dan motor vario terjadi di Jalan Kudus - Colo, Kudus. Pemotor luka dan dilarikan ke rumah sakit.
Motor Dikendarai Anak Tak Punya SIM Adu Banteng di Bantul
Kecelakaan adu banteng melibatkan dua motor beat di Bantul. Satu pengendara ternyata masih tergolong anak, belum punya SIM.
Truk Seruduk Vario di Pertigaan Ngembal Kudus, Satu Kritis
Sebuah truk menabrak motor yang sedang berhenti di lampu merah Pertigaan Ngembal Kudus menyebabkan pengendara motor kritis.
0
Tronton Boks Vs Truk Sampah di Bawen Semarang, 3 Meninggal
Kecelakaan maut terjadi di Bawen, Kab Semarang. Truk tronton boks mengantam truk sampah. Tiga pekerja pengangkut sampah meninggal dunia.