UNTUK INDONESIA
Tri Rismaharini Dipilih Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta
Warga Jakarta tidak kenal Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis, malah memilih Tri Rismaharini untuk jadi wakil gubernur DKI Jakarta.
Peneliti LKSP, Hafidz Muftisany (kanan) saat diskusi di Jakarta Pusat. (Foto: Tagar/Fernandho)

Jakarta - Tri Rismaharini dipilih jadi wakil gubernur DKI Jakarta. Wali Kota Surabaya ini dipilih oleh warga Jakarta yang mengikuti survei Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP). Selain Risma, yang juga dipilih adalah Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Hal tersebut disampaikan peneliti dari LKSP, Hafidz Muftisany, dalam diskusi di Jakarta, Sabtu, 22 Februari 2020. Hafidz mengatakan kebanyakan masyarakat lebih mengenal nama Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, dan Agus Harimurti Yudhoyono yang akrab disapa AHY.

"Setiap kami tanyakan secara terbuka, siapa wakil gubernur yang akan Anda jagokan, yang masih muncul itu nama Bang Sandiaga Uno, bahkan muncul nama Bu Tri Rismaharini, muncul nama AHY," kata Hafidz.

Hafidz menjelaskan 61 persen warga Jakarta mengetahui akan ada pemilihan wakil gubernur yang akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta. Namun, mereka tidak tahu hanya ada dua nama yang digadang-gadang menjadi wagub DKI, yaitu Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS.

Yang masih muncul itu nama Bang Sandiaga Uno, bahkan muncul nama Bu Tri Rismaharini, muncul nama AHY.

"Hanya 61 persen responden yang mengetahui proses pemilihan wakil gubernur di DKI Jakarta. Kemudian juga ini menjadi catatan. 61 persen yang mengetahui itu ternyata belum semuanya paham bahwa sekarang hanya ada dua nama," kata dia.

Hafidz mengatakan, dari survei tertutup, calon wagub dari PKS mendapat suara jauh di atas calon wagub dari Gerindra. "Kalau tertutup, nama Nurmansjah Lubis lebih tinggi 55,4 persen dibandingkan Bang Riza sebesar 16,5 persen." []

Baca juga:

Berita terkait
Anies Baswedan Minta DPRD Kebut Pemilihan Wagub DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur telah disahkannya tatib pemilihan wagub DKI. Dia minta DPRD ngebut soal pemilihan wagub DKI.
Gerindra Tolak Ada Ahli di Uji Kelayakan Cawagub DKI
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra menolak adanya keterlibatan ahli dalam uji kelayakan calon wakil gubernur DKI.
Pimpinan DPRD 'Ribut' Soal Pansus Cawagub DKI
Dua pimpinan DRPD DKI Jakarta Mohamad Taufik dan Zita Anjani ribut soal panitia khusus (pansus) pemilihan cawagub DKI.
0
Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Indonesia
Tingkat baca rendah jadi alasan BBW hadir membawa bazar buku murah dan berkualitas ke Indonesia