Transformasi Digital PLN Perkuat Komunikasi Publik dan Peningkatan Pelayanan Pelanggan

Tepat di puncak perayaan acara SEWINDU PR Indonesia, PT PLN (Persero) mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan berpengaruh.
Transformasi Digital PLN Perkuat Komunikasi Publik dan Peningkatan Pelayanan Pelanggan. (Foto: Tagar/PLN)

TAGAR.id, Jakarta - Tepat di puncak perayaan acara SEWINDU PR Indonesia, PT PLN (Persero) mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan berpengaruh di bidang komunikasi. 

Bekerja sama dengan NoLimit, PR Indonesia melakukan media monitoring kepada lebih dari 15.000 media online dan media sosial menggunakan teknologi big data untuk memberikan penghargaan tersebut kepada PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN. Transformasi digital yang dilakukan PLN, menjadi titik perubahan besar pada proses bisnis hingga ke layanan PLN yang semakin memudahkan masyarakat.


Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Maka dari itu, kami respons dengan melakukan transformasi dengan basis digitalisasi.


“Selama 3,5 tahun terakhir PLN bertransformasi dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik, effort ini pun kembali mendapatkan apresiasi. Penghargaan ini ditujukan untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras dan memberikan dedikasi luar biasa bagi perusahaan,” tutur Darmawan.

PLN bertransformasi menjadi perusahaan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi. Apalagi, sebagai perusahaan dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta tersebut, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

“Dulu, proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Maka dari itu, kami respons dengan melakukan transformasi dengan basis digitalisasi,” ujar Darmawan.

Salah satu hasil dari transformasi ini adalah lahirnya aplikasi New PLN Mobile. Dulu, aplikasi PLN Mobile, di- install hanya oleh 500 ribu pengguna dengan ratingnya yang sangat rendah, hanya mendapatkan rating sebanyak 2,5 dari skala 5.

Kini, dengan transformasi digital yang dilakukan, hanya dalam waktu singkat PLN Mobile telah di- download oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,8 dari skala 5. 

Hal ini menjadi bukti nyata transformasi yang dilakukan PLN telah menjelma menjadi salah satu perusahaan pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia. []

Berita terkait
Siap-siap! PLN Jadi Raksasa Pelaku Carbon Trading yang Melantai di Bursa Karbon Indonesia
Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) yang telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI).
Tawarkan Bisnis Teknologi, PLN Jemput Investor Global pada Huawei Connect 2023 di China
PLN melalui PLN Icon Plus mengajak komunitas global berkolaborasi dalam pemanfaatan teknologi digital lewat optimalisasi aset kelistrikan.
Miliki Berbagai Terobosan Dalam Transisi Energi, PLN Raih Green Initiative Awards 2023
PT PLN (Persero) meraih penghargaan Katadata Green Initiative Awards 2023 untuk kategori Energy/Mining. Simak ulasannya.