UNTUK INDONESIA
Tradisi Imlek Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan
Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Glodok, Jakarta Barat memiliki tradisi yang biasa dilakukan saat Imlek, berikut ulasannya.
Tampak Depan Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

Jakarta - Tradisi Tahun Baru Imlek di Wihara Dharma Bhakti yang berada di Petak Sembilan, Taman Sari, Glodok, Jakarta Barat tidak jauh berbeda dengan yang ada di tempat lain, yaitu sembahyang.

"Tradisinya ya paling sembahyang, mengucapkan terima kasih sudah mendapatkan berkat rezeki dan berkat kesehatan, serta memanjatkan rasa syukur," kata pengurus Wihara Dharma Bhakti Herni kepada Tagar, Rabu, 22 Januari 2020.  

Tahun depannya minta diberkati sehat, rezeki, serta keselamatan.

Herni menuturkan tradisi lainnya ketika tahun baru China itu, umat Tionghoa yang ada di sana selalu memanjatkan doa untuk kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. 

"Tahun depannya minta diberkati sehat, rezeki, serta keselamatan dalam hidup," ujar Herni.

Wihara Dharma Bhakti di Petak SembilanWihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

Sebenarnya Wihara Dharma Bhakti juga memiliki tradisi sembahyang untuk mendoakan negara. Namun, kebiasaan tersebut bukan hanya dilaksanakan pada hari raya besar saja. 

"Wihara ini sendiri biasanya ada tradisi berdoa untuk negara biar aman, dan sejahtera. Kebiasaan ini biasanya dilakukan setiap hari dan ada satu orang yang mewakili wihara ini jika sembahyang untuk negara," tutur dia.

Bagian dalam Wihara Dharma BhaktiBagian dalam Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Glodok, Jakarta Barat. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

Dari pantauan Tagar, Wihara Dharma Bhakti memang sedang melakukan proses persiapan dan pembenahan menyambut Imlek. Sejumlah pernak-pernik khas Imlek juga sudah terpasang di sana.

Beberapa persiapan tersebut dilakukan oleh pengurus wihara hanya untuk memberikan kenyamanan umat Tionghoa ketika akan merayakan hari istimewa itu. 

Wihara Dharma Bhakti menjadi salah satu kelenteng tertua yang ada di Jakarta, selain kelenteng Ancol yang dibangun pada tahun 1650. Bangunan ini menjadi pusat tempat ibadah warga etnis atau keturunan Tionghoa di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat untuk beribadah, terlebih ketika perayaan Tahun Baru China tiba. []

Baca juga:

Berita terkait
5 Larangan Masyarakat Tionghoa Saat Menyambut Imlek
Masyarakat Tionghoa memiliki beberapa pantangan atau larangan yang perlu diketahui, berikut ulasannya.
Vihara Avalokitesvara Palangka Raya Sambut Imlek
Vihara Avalokitesvara Palangka Raya, Kalimantan Tengah bersolek menyambut Imlek. Akan ada atraksi bernuansa magis, tatung.
Persiapan Barongsai Makassar Jelang Imlek
Kaum milenial Makassar yang tergabung dalam komunitas Barongsai, kini tengah mempersiapkan diri menyamut hari raya Imlek 2571.
0
WHO: Dunia Harus Siap Hadapi Pandemi Virus Corona
WHO mengingatkan dunia harus berbuat lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan virus corona jenis COVID-19 menjadi pandemi.