UNTUK INDONESIA
Semaraknya Wihara Dharma Bhakti Sambut Imlek
Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat telah melakukan pembenahan dan persiapan jelang Imlek.
Sejumlah patung di Wihara Dharma Bhakti Petak Sembilan, Jakarta Barat. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

Jakarta - Wihara Dharma Bhakti yang berada di Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, tengah melakukan berbagai pembenahan dan persiapan untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang akan diperingati pada 25 Januari 2020. Hal itu dilakukan guna memberi kenyamanan kepada umat Tionghoa yang akan beribadah di sana.

Salah satu pengurus Wihara Dharma Bhakti Herni, 65 tahun mengakui sejumlah persiapan untuk menyambut tahun baru China sudah dilakukan oleh pengurus tempat ibadah tersebut.  

"Perlengkapannya semuanya diganti seperti kain, rupang-rupang dibersihkan atau dimandikan lah gitu, baju-bajunya juga diganti," kata Herni kepada Tagar, Rabu, 22 Januari 2020.

Melalui pantauan Tagar, sejumlah pengurus tengah sibuk untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk menyambut perayaan Imlek 2571, di antaranya mengganti taplak meja, memasang lampion tambahan, payung merah, membersihkan atau mengelap patung, dan benda lainnya.

Lilin ImlekLilin besar yang akan dinyalakan saat Imlek pada Sabtu 25 Januari 2020 di Wihara Dharma Bhakti Jakarta. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

Bukan hanya itu saja, pengurus tempat ibadah itu juga sudah menyediakan lilin besar, minyak, dan hio untuk umat Tionghoa yang akan menyambut Imlek. Semua perlengkapan yang disiapkan itu, tidak dipungut biaya. 

Perlengkapannya semuanya diganti seperti kain, rupang-rupang dibersihkan atau dimandikan lah gitu.

Herni juga mengatakan lilin besar yang disediakan di wihara tersebut, nanti akan dinyalakan ketika perayaan hari istimewa itu tiba, Sabtu, 25 Januari 2020.

"Nanti hari Sabtu lilin itu baru dinyalain semuanya," ujar dia.

Mendekati tahun baru China itu, proses persiapan menyambut perayaan hari istimewa di Wihara Dharma Bhakti sudah mendekati finis. 

Umat Tionghoa di Wihara Dharma BhaktiSalah satu Umat Tionghoa yang sedang beribadah di Wihara Dharma Bhakti Jakarta. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

Begitu juga dengan pernak-pernik khas Imlek yang kental dengan warna merah juga sudah tampak menghiasi tempat ibadah yang berlokasi di petak sembilan itu.

Meski persiapan penyambutan Imlek belum selesai, ternyata tidak sedikit pengunjung yang datang untuk melakukan prosesi ibadah ke Wihara Dharma Bhakti tersebut.

Beberapa warga Tionghoa yang mengunjungi tempat ibadah itu, terlihat tidak menghiraukan pengurus yang sedang melakukan proses persiapan Imlek. Mereka tetap fokus menjalankan sembahyang dengan khusyuk.

Diketahui, Wihara Dharma Bhakti adalah salah satu kelenteng tertua di Jakarta, selain kelenteng Ancol. Bahkan, sudah menjadi pusat tempat ibadah warga etnis atau keturunan Tionghoa yang berada di Petak Sembilan, Glodok.

Tempat ibadah yang dibangun pada 1650 ini memang selalu ramai dikunjungi, apalagi ketika perayaan tahun baru China tiba. []

Baca juga:

Berita terkait
Hanfu dan Tiga Pakaian Khas Imlek
Warga Tionghoa yang merayakan tahun baru China pasti ingin berpenampilan menarik. Berikut pakaian khas Imlek yang bisa dijadikan rekomendasi.
Busana Tradisional Buruan Jelang Imlek di Makassar
Jelang hari raya Imlek, warga Makassar keturunan Tionghoa memburu busana Cheongsam untuk dipakai di hari perayaan Imlek nanti.
Persiapan Barongsai Makassar Jelang Imlek
Kaum milenial Makassar yang tergabung dalam komunitas Barongsai, kini tengah mempersiapkan diri menyamut hari raya Imlek 2571.
0
WHO: Dunia Harus Siap Hadapi Pandemi Virus Corona
WHO mengingatkan dunia harus berbuat lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan virus corona jenis COVID-19 menjadi pandemi.