Togu Simorangkir Desak Presiden Jokowi Tutup PT TPL

Togu yang juga lulusan pascasarjana di Oxford University ini berharap bisa diterima oleh Presiden Jokowi di Istana.
(Foto: Tagar)

Jakarta - Aktivis lingkungan dan penggiat literasi, Togu Simorangkir, melakukan aksi protes dengan jalan kaki dari Toba ke Jakarta untuk mengungkap dugaan perusakan alam yang dilakukan oleh PT. Toba Pulp Lestari (TPL).

"Kami berjalan kaki sejak 42 hari yang lalu. Target kami hari Selasa sudah sampai di Istana Presiden untuk bertemu beliau menyampaikan segala hal yang terjadi akibat keberadaan PT TPL yang merusak lingkungan hidup di sekitar Danau Toba," kata Togu kepada Tagar di kawasan Tangerang, Minggu, 25 Juli 2021.


Pemerintah pusat harus turun tangan dan menutup PT TPL agar tidak terjadi konflik horizontal di masyarakat sekitar perusahaan.


Togu menjelaskan, aksi jalan kaki tersebut sebagai bentuk komitmen perjuangan, juga untuk menggugah pemerintah turun tangan atas permasalah yang saat ini sedang terjadi.

"Pemerintah pusat harus turun tangan dan menutup PT TPL agar tidak terjadi konflik horizontal di masyarakat sekitar perusahaan," katanya.

Togu menambahkan, aktivitas PT TPL berdampak pada rusaknya lingkungan akibat limbah yang mengotori udara di radius yang cukup jauh sekitar Danau Toba.

"Kami lakukan ini agar semua masyarakat Indonesia tahu bahwa ada ketidakadilan yang terjadi di Sumatera Utara," katanya.

Lulusan pascasarjana di Oxford Brookes University ini menegaskan, pihaknya juga akan menyampaikan pesan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai permasalahan tersebut. Ia berharap bisa diterima oleh Presiden Jokowi di Istana.

"Kami sudah berupaya menyampaikan ke Pemerintah setempat hingga Gubernur tapi mereka tidak berdaya dan tidak ada tanggapan," katanya. []


Baca Juga: Viral, Pria Positif Covid-19 di Toba Diamuk Massa


(Susilo Utomo)

Berita terkait
Togu Simorangkir Jalan Kaki dari Toba Minta Jokowi Tutup TPL
Togu Simorangkir dan ketiga temanya Anita Hutagalung, dan Irwandi Sirait, melakukan aksi berjalan kaki dari Toba ke Jakarta serukan tutup TPL.
Kunker ke Danau Toba, Sandiaga Uno Jajal Jalur Sepeda Tour de Samosir
Menparekraf di sela kunjungan kerjanya ke Danau Toba, menyempatkan diri bersepeda di Pulau Samosir sambil menikmati keindahan alam yang ada.
Menparekraf: #BeliKreatifDanauToba Upaya Tingkatkan Ekonomi
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan #BeliKreatifDanauToba merupakan upaya meningkatkan perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
0
Sebab PPKM Level 4, Pajak Sewa Toko di Mal Dibebaskan
Pemerintah membebaskan PPN sewa toko di pusat perbelanjaan atau mal pada masa pajak Juni-Agustus 2021 sebab PPKM Level 4.