Tips Memilih Ayam Aduan

Membeli ayam aduan memang lebih rumit dari memilih ayam biasanya. Salah satu aspek dari memilih ayam aduan adalah memiliki sisik kaki agak kering.
Ayam Aduan. (Foto: Tagar/Hewan Aduan)

Jakarta - Tidak jarang beberapa orang tergoda melihat kelucuan dari anak ayam kemudian memeliharanya tanpa melihat kualitas dari anak ayam.

Tidak hanya itu, jenis anak ayam juga harus disesuaikan dengan tujuan pemilik. Jika ingin menghasilkan ayam petelur maka pilih jenis ayam yang dikembangkan di Australia atau ayam Black Australorps.

Hal tersebut dikarenakan ayam jenis itu mampu memproduksi telur dengan kualitas bagus. Sementara jika menginginkan ayam petelur namun memiliki kualitas daging bagus, maka sebaiknya memilih ayam dengan ras Buff Orpington.

Selain itu juga bisa memilih ayam dengan jenis silver laced wyandottes yang memiliki tubuh besar. Hal ini dikarenakan jenis ayam tersebut memiliki kualifikasi sebagai ayam dengan fungsi ganda yakni, petelur dan pedaging.

Jika anda menginginkan anak ayam khusus untuk aduan tentu anak ayam tersebut memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-ciri tersebut dapat terlihat dari bagian tubuh anak ayam anda.

Seperti apa ciri-ciri anak ayam aduan yang berkualitas? Berikut ciri-cirinya berdasarkan sumber trikmerawat:

  • Memiliki paruh dengan ciri-ciri terdapat garis di bagian tengah atas, serta memiliki warna paruh yang hampir sama dengan ruas kakinya. Dengan ciri paruh tersebut dapat diindikasikan bahwa anak ayam tersebut memiliki kemampuan untuk mematuk dengan kuat.
  • Memiliki mata yang berbentuk bulat, jernih dan agak masuk ke dalam rongga mata, hal tersebut menandakan bahwa anak ayam anda memiliki penglihatan yang jeli;
  • Memiliki sisik kaki yang agak kering, serta kaki yang seimbang;
  • Memiliki kepala yang tipis dan halus, serta panjang dan agak besar;
  • Memiliki tulang leher dan tulang dada yang besar, memanjang dan rapat. []


Baca juga

Berita terkait
Babinsa Koramil Langkahan Aceh Utara Bimbing Warga Ternak Ikan Patin
Babinsa Koramil 29/Langkahan, Aceh Utara bersama warga binaannya mampu meraup keuntungan besar jutaan rupiah dari hasil panen ikan patin
Suami Jenita Janet Berikan Kado Ultah Peternakan Sapi
Danu Sofwan suami dari Jenita Janet memberikan sebuah kado istimewa berupa peternakan sapi di hari ulang tahunnya lantaran Janet menginginkannya.
Australia Akan Larang Peternakan Ayam Petelur yang Dikandangkan
Lebih dari separuh telur yang terjual di pasar Australia saat ini bersumber dari sistem free-range atau bebas kandang
0
5 Kuliner Legendaris yang Pernah di Kunjungi Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir ternyata juga pencinta kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Berikut daftar makanannya.