Tips Membeli Gadget di Toko Online Agar Tak Tertipu

Membeli barang-barang elektronik termasuk smartphone (ponsel pintar) sangat dipermudah dengan hadirnya perdagangan daring.
Ilustrasi - Toko Online. (Foto: Pixabay/Mediamodifier)

Jakarta - Membeli barang-barang elektronik termasuk smartphone (ponsel pintar) sangat dipermudah dengan hadirnya perdagangan daring (e-commerce) di Indonesia. 

Terlebih lagi, e-commerce sering mengadakan diskon kilat alias flash sale sehingga konsumen bisa mendapatkan gadget (gawai) terbaru dengan harga yang lebih murah. 

Sayangnya, masih banyak konsumen yang ragu untuk membeli gawai secara online kendati praktis. Alasannya, mereka khawatir tertipu atau barang tidak asli. 

Shopee Indonesia, dalam keterangan pers yang dikutip dari Antara, Rabu, 18 Desember 2019, memberikan beberapa tips agar tidak tertipu saat belanja gawai online.

Periksa status toko 

Platform belanja online biasanya menyediakan profil toko yang dapat diakses langsung oleh pengguna, informasi yang diberikan antara lain lokasi toko dan aktivitas transaksi. 

Cek aktivitas transaksi toko tersebut, semakin banyak transaksi yang berhasil, semakin tinggi tingkat kepercayaan terhadap toko tersebut.

Lihat ulasan produk 

Sebelum memilih gawai, konsumen bisa melihat ulasan tentang produk-produk tersebut agar mendapat gambaran tentang gawai yang ingin dibeli. Ulasan ini bisa dilihat di media sosial atau cek langsung di akun-akun pengulas gawai. 

Cek toko sebelah 

Salah satu keuntungan belanja online adalah konsumen bisa langsung melihat rincian produk yang ditawarkan tentang barang, termasuk pilihan yang ada, diskon hingga cara pembayaran. 

Cermati deskripsi produk yang ingin dibeli, bandingkan dengan beberapa produk di toko online lain. Jika menemukan produk yang dijual di bawah harga pasaran, pastikan mengenai orisinalitas produk dan garansi yang ditawarkan. 

Pilih pembayaran yang aman 

Konsumen sebaiknya memperhatikan apakah platform belanja online tersebut menyediakan metode pembayaran yang terpercaya. Biasanya e-commerce menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, bayar di tempat atau Cash on Delivery (COD), dan dompet digital.

E-commerce juga sering bekerja sama dengan gerai minimarket sehingga konsumen yang tidak memiliki akun bank bisa membayar lewat gerai terdekat. []

Berita terkait
Pinjaman Online dari BRI Sasar Milenial
Aplikasi pinjaman online dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan terobosan dalam bagian perbankan digital
Jawaban PT Gojek Soal Rekruitmen Driver Ojek Online
PT Gojek Indonesia mengapresiasi kinerja Polda DIY dalam mengungkap kasus penipuan rekruitmen calon mitra atau driver ojol yang dilakukan oknum.
Sayuran Naik Daun, Masuk Belanja Online Harbolnas
Pada Harbolnas yang diselenggarakan 11-12 Desember 2019, tiga platform pertanian ikut berpartisipasi menawarkan produk hasil bumi seperti sayuran.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan