Tips Berkendara Agar Hemat Bensin saat Mudik Lebaran 2022

Mengubah gaya berkendara Anda selama di perjalanan dapat menghemat bensin.
Ilustrasi berkendara. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Sempat tak dizinkan ditahun sebelumnya karena pandemi Covid-29, mudik Lebaran 2022 diprediksi bakal mengalami kepadatan.

Kemacetan di jalan membuat bensin mobil cenderung lebih boros. Kondisi tersebut membuat pemilik kendaraan tekor, terlebih saat ini harga bahan bakar minyak (BBM) mengalami kenaikan.

Namun ada beberapa tips berkendara yang bisa meminimalisir boros bensin saat melakukan mudik Lebaran 2022. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengubah gaya berkendara Anda selama di perjalanan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 4 tips berkendara agar mobil lebih hemat bensin saat mudik Lebaran 2022, dilansir dari situs resmi Auto2000:


Kurangi rem mendadak

Tips berkendara pertama adalah mengurangi kebiasaan rem mendadak. Pasalnya, hal ini dapat memicu konsumsi bahan bakar lebih banyak akibat kecepatan mobil berkurang secara drastis. Dengan begitu, mesin memerlukan energi yang lebih besar untuk kembali melaju.

Apabila kebiasaan ini diulang-ulang terus, maka konsumsi BBM bakal cenderung lebih boros. Maka dari itu, bagi pengguna mobil matik ataupun manual tidak disarankan untuk melakukan rem mendadak secara terus-menerus.


Jangan berakselerasi spontan

Selanjutnya pengemudi tidak disarankan untuk melakukan akselerasi secara spontan dalam perjalanan mudik Lebaran 2022. Hal ini nantinya dapat membuat bahan bakar terbuang percuma.

Boros bahan bakar karena akselerasi mendadak ini bisa terjadi pada mobil manual dan matik. Pengendara pun disarankan untuk menekan pedal gas secara peerlahan agar bahan bakar lebih efisien.


Tidak berkendara agresif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gaya berkendara menjadi salah satu penyebab mobil menjadi boros. Maka dari itu setiap pemudik tidak disarankan untuk berkendara secara agresif.

Kendati situasi jalanan kosong atau lenggang, pengendara tidak disarankan untuk memacu mobilnya sampai mesinnya ‘teriak’. Kondisi ini nantinya bakal membuat bahan bakar menjadi lebih boros.


Jaga Jarak

Tips berkendara agar hemat BBM saat mudik Lebaran 2022 terakhir adalah jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan. Hal ini berkaitan dengan tips pertama, yakni menghindari rem mendadak.

Apabila mobil di depan mlambat, maka pengemudi tidak disarankan untuk langsung menginjak rem. Anda sebaiknya memanfaatkan engine brake terlebih dahulu, Apabila jaraknya sudah terlalu dekat dengan kendaraan lain, barulah gunakan pedal rem. []


Baca Juga


Berita terkait
Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik
Berikut cara dan tips menghemat baterai smartphone selama di perjalanan mudik lebaran 2022.
Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Pakai Sepeda Motor
Sebenarnya, mudik lebaran menggunakan sepeda motor tidak direkomendasikan karena harus menempuh perjalanan ratusan kilometer selama berjam-jam.
Tips Melindungi Anak di Bawah 6 Tahun dari Covid-19 saat mudik
Pemastikan orang-orang di sekitar anak dibawah usia 6 tahun telah menerima dosis vaksin Covid-19 lengkap.
0
Sejarah Kue Nastar yang Populer Disajikan Saat Lebaran
Menjelang lebaran tiba, masyarakat Indonesia seringkali melakukan kunjungan ke orang tua hingga ke sanak saudara yang dekat maupun jauh.