UNTUK INDONESIA
Timnas U-19 Menang, Pelatih Masih Belum Puas
Tim nasional U-19 meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste di kualifikasi Piala Asia U-19. Namun pelatih Fakhri HUsaini masih belum puas dengan tim.
Tim nasional U-19 mengalahkan Timor Leste 3-1 di kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2019. Tampak pemain Indonesia Muhammad Fajar Fathur (tengah) merayakan gol bersama rekan di laga itu. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Tim nasional Indonesia U-19 mengawali pertarungan di kualifikasi Piala Asia U-19 2020 dengan meraih kemenangan atas Timor Leste. Dalam duel Grup K di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 6 November 2019 malam, Indonesia menang 3-1. Namun pelatih Fakhri Husaini masih belum puas dengan penyelesaian akhir timnas. 

Timnas U-19 menunjukkan performa terbaik di laga perdana. Gelandang Muhammad Fajar Fathur Rachman menjadi bintang kemenangan. Dirinya mencetak dua gol dan satu assist

Kemenangan itu menjadikan Indonesia untuk sementara menduduki puncak klasemen Grup K dengan tiga poin. Di pertandingan lain di grup sama, Hong Kong bermain imbang 1-1 melawan Korea Utara. 

Kami juga sudah beberapa kali kebobolan dari tendangan penalti. Padahal kami tidak berada dalam tekanan mereka

Meski menang, namun pelatih Fakhri mengaku belum puas dengan penampilan tim. Terutama pada penyelesaian akhir para pemain dan sektor pertahanan yang sempat lengah sehingga memungkinkan Timor Leste mencetak gol.

"Penyelesaian akhir ini menjadi catatan kami. Ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan," tutur Fakhri seperti dikutip Antara

Timnas memang memiliki beberapa peluang yang seharusnya bisa menjadi gol, termasuk tiga percobaan yang mengenai tiang gawang. Selain itu satu peluang digagalkan kiper Timor Leste. 

Sektor pertahanan juga menjadi perhatian Fakhri. Menurutnya kesalahan pemain belakang turut memberi andil lawan mendapat hadiah penalti sehingga bisa mencetak gol. 

"Umpan Rizky Ridho ke tengah lapangan itu menjadi bencana. Artinya, kesalahan pemain belakang mempunyai andil bagi gol balasan Timor Leste dari titik penalti," ujarnya. 

"Kami juga sudah beberapa kali kebobolan dari tendangan penalti. Padahal kami tidak berada dalam tekanan mereka," kata Fakhri.

Gol Cepat

Dalam laga itu, timnas U-19 mencetak gol cepat di menit kedua. Gol tercipta melalui sundulan Fathur Rachman yang memanfaatkan umpan sepak pojok Beckham Putra.

Unggul 1-0, Amiruddin Bagus dkk terus menekan Timor Leste yang lebih banyak bertahan sambil sesekali melakukan serangan balik. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta di sepanjang babak pertama.

Timnas U-19Pemain timnas U-19 Sutan Diego (kanan) berebut bola dengan pemain Timor Leste U-19 Nelson Pinto Diego pada laga kualifikasi Grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 6 November 2019. Indonesia menang 3-1 di laga itu. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Di babak kedua, Timor Leste sempat mengejutkan timnas setelah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 51. Gol mereka tercipta dari tendangan penalti Mouzinho De Lima. Penalti diberikan setelah Mouzinho dilanggar kiper Ernando Ari di kotak terlarang.

Fakhri kemudian melakukan pergantian pemain demi menambah daya dobrak. Sutan Zico keluar diganti dengan Mochammad Supriadi. Hasilnya, serangan Indonesia kembali menggigit. 

Tekanan demi tekanan membuat bek Nelson Dos Reis melakukan pelanggaran terhadap Amiruddin Bagus di menit 58. Pelanggaran itu berbuah kartu merah yang menjadikan Timor Leste harus bermain dengan 10 orang. 

Indonesia memanfaatkan situasi itu. Hasilnya tim Garuda Muda kembali unggul melalui kapten David Maulana menit 62. Tendangan keras dari luar kotak penalti yang memanfaatkan umpan Fathur Rachman membobol gawang Timor Leste.

Indonesia memantapkan keunggulan setelah Fathur Rachman mencetak gol keduanya di menit 7. Skor 3-1 tak berubah sampai pertandingan usai. []

Berita terkait
Timor Leste, Lawan Pertama Timnas U-19
Tim nasional U-19 melawan Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 6 November 2019.
Kemenangan Uji Coba Timnas U-19 Bak Pelipur Lara
Laga antara Timnas U-19 Indonesia lawan China dengan skor 3-1 untuk PSSI yang berlangsung di Surabaya merupakan laga persahabatan atau uji coba
Pelatih Fakhri Husaini Puas dengan Tiga Gol Timnas U-19
Pelatih tim nasional U-19 Fakhri Husaini memuji tiga gol yang tercipta di laga uji coba melawan China U-19. Di laga itu, timnas U-19 menang 3-1.
0
Ahok Masuk BUMN di Mata Dosen UGM Yogyakarta
Ahok dikabarkan mengisi jabatan tinggi di BUMN. Statusnya mantan napi tidak masalah, yang menjadi masalah statusnya sebagai kader partai politik.