Timnas Indonesia Takluk 0-1 dari Afghanistan di Menit Akhir

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong harus takluk 0-1 dari Afghanistan pada laga uji coba Internasional (Fifa Matchday) di Antalya, Turki.
Skuad Timnas Indonesia saat menyanyikan lagu Indonesia Raya saat uji coba melawan Afghanistan. (Foto: Tagar/Instagram/@zonatimnas)

Jakarta – Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong harus takluk 0-1 dari Afghanistan pada laga uji coba Internasional (Fifa Matchday) di Antalya, Turki. Gol di menit akhir yang dicetak oleh Afghanistan membuat Timnas Indonesia kalah pada pertandingan kali ini.

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia vs Afghanistan ini berlangsung di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa, 16 November 2021 malam WIB.

Gol kemenangan Afghanistan dicetak oleh Omid Popalzay di menit ke-85. Setelah berhasil memanfaatkan kelengahan dari lini pertahanan Timnas Indonesia.


Jalannya Pertandingan

Pada menit ke-8, Timnas Indonesia mendapat peluang emas lewat kerja sama antara Dedik Setiawan dan Witan Sulaeman. Berkat umpan terobosan Dedik Setiawan, Witan Sulaeman mendapat situasi satu lawan satu dengan kiper lawan. Witan menempatkan bola di sisi kiri, tetapi masih melebar sehingga gagal berbuah gol.

Pada menit ke-21, timnas Indonesia memperoleh peluang kembali. Kali ini, Dedik Setiawan yang menjadi aktor utama. Dia mendapat ruang tembak di depan kotak penalti Afghanistan.

Namun, sepakannya pun masih melebar di sisi kanan gawang lawan. Setelah itu, tak ada peluang berarti yang mampu diciptakan oleh kedua tim. Babak pertama antara timnas Indonesia vs Afghanistan pun berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak yang kedua, timnas Indonesia langsung melancarkan inisiatif serangan. Evan Dimas dkk mencoba beberapa cara untuk menembus pertahanan Afghanistan. Namun, mereka tak kunjung menciptakan peluang matang hingga menit ke-60.

Disela-sela pertandingan, bek timnas Indonesia, Elkan Baggott, sempat mengalami insiden. Kepala Elkan Baggott terbentur kaki salah satu pemain Afghanistan ketika ingin menyapu bola di dekat garis out.

Beruntung bagi timnas Indonesia, Elkan Baggott masih bisa berdiri dan melanjutan pertandingan. Pada menit ke-62, pelatih Shin Tae-yong memasukkan tiga pemain sekaligus, yakni Irfan Jaya, Kadek Agung, dan Ezra Walian. Mereka masuk menggantikan Egy Maulana, Evan Dimas, dan Dedik Setiawan.

Dimenit ke-68, Elkan Baggott kembali terkapar dilapangan setelah insiden yang terjadi dibagian kepalanya. Shin Tae-yong langsung melakukan pergantian dengan memasukkan Victor Igbonefo.

Skuad Garuda pun mampu menciptakan dua peluang berbahaya yang lahir berkat aksi Ricky Kambuaya dan pemain pengganti, Ezra Walian. Namun, kedua peluang itu belum mampu dikonversikan gol.

Sepakan Ricky Kambuaya melambung di atas mistar gawang, sedangkan sepakan Ezra Walian mampu bisa ditepis oleh kiper Afghanistan.

Kala timnas Indonesia terus berupaya membuka keunggulan, Afghanistan justru mencuri momentum. Mereka sukses membobol gawang timnas Indonesia berkat aksi pemain bernomor punggung 19, Omid Popalzay.

Omid Popalzay membobol gawang Muhammad Riyandi setelah memanfaatkan assist Mustafa Hadid pada menit ke-85. Setelah itu, timnas Indonesia terus berupaya menyamakan kedudukan.

Namun, setiap upaya yang dilakukan selalu bisa dihalau oleh para pemain Afghanistan. Skor 1-0 untuk keunggulan Afghanistan kemudian bertahan hingga laga usai.


Susunan Pemain

Indonesia: 22-M Riyandi (GK); 30-Elkan (7-Igbonefo 72'), 19-Fachruddin, 16-Arhan, 14-Asnawi; 13-Irianto, 6-Evan (17-Kadek 62'), 15-Kambuaya; 23-Dedik (21-Ezra 62'), 8-Witan, 10-Egy (2-Irfan 62').

Cadangan: 26-Trisna (GK), 3-Edo, 5-Sagara, 20-Yudo, 9-Dewangga, 17-Kadek, 18-Ahmad, 24-Yabes, 7-Igbonefo, 11-Sandy, 2-Irfan, 21-Ezra.

Pelatih: Shin Tae-yong

Afghanistan: 1-Azizi (GK); 2-David, 21-Mukhammad, 4-Alikhil, 5-Adam, 16-Intezar; 6-Husin, 8-Noor; 9-Sadat, 10-Shayesteh, 12-Haidary.

Cadangan: 23-Jaylen (GK), 11-Amiri, 13-Rahimi, 14-Kouhyar, 15-Zamani, 7-Zubayr, 17-Zazai, 19-Popalzay, 20-Hadid.

Pelatih: Anoush Dastgir

(Alwin Widiyantoro)

Berita terkait
Kalah Agregat 4-2, Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos ke Piala Asia
Timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke Piala Asia 2022 di Uzbekistan mendatang kegagalan ini usai ditaklukan 1-0 oleh Australia di leg 2.
Inilah 4 Pemain Raksasa di Jantung Pertahanan Timnas Indonesia
Menariknya, dari dua puluh enam pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, terdapat empat pemain yang memiliki tubuh jangkung dan raksasa. Ini orangnya.
Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 Leg 2
Timnas Indonesia U-23 kembali akan menghadapi Australia U-23 pada Leg 2 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G live di SCTV.
0
Timnas Indonesia Takluk 0-1 dari Afghanistan di Menit Akhir
Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong harus takluk 0-1 dari Afghanistan pada laga uji coba Internasional (Fifa Matchday) di Antalya, Turki.