Timnas Indonesia Kalah 4-0 dari Thailand di Leg I Final Piala AFF 2020

Dengan kekalahan ini, bukan berarti peluang Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020 sudah tertutup.
Selebrasi gol dari punggawa Indonesia Elkan Baggott dan kawan-kawan saat melawan Malaysia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu, 19 Desember 2021. (Foto: Tagar/Dok PSSI)

Jakarta - TIM Nasional (Timnas) Indonesia kalah 0-4 dari Thailand di leg I final Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion National, Rabu, 29 Desember 2021 malam. 

Pada menit ke-2, Thailand berhasil membobol gawang Indonesia tendangan keras playmaker Thailand Chanatip Songkrasin. 

Usai gol dari kapten Timnas Thailand itu, skuad garuda masih terus menerus dalam tekanan. Kombinasi apik Teerasil Danda dan Chanathip yang berada di sisi tengah terus menerus menyulitkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

 Bahkan ball position hingga menit 29 mencapai 79 persen untuk skuad Gajah Putih. Meski begitu, Indonesia berkali-kali memberi tekanan, namun kesalahan komunikasi antar pemain depan masih belum membahayakan gawang Thailand. Pada menit 30 Indonesia melancarkan serangan balik lewat sisi kanan Asnawi. Namun umpan silang Asnawi berhasil dibuang oleh bek Thailand.

Indonesia berhasil mendapat peluang emas pada menit 42. Diawali lagi-lagi dari serangan balik lewat Ricky Kambuaya yang memberi operan terobosan kepada Witan Sulaiman. Kemudian Witan berhasil memberi crossing datar dari sisi kiri, tapi Dewangga gagal mengkonversikannya menjadi gol. Padahal, pemain PSIS tersebut berdiri bebas tanpa ada pengawalan.

 Menjelang akhir babak pertama, Thailand hampir menambah keunggulan atas Indonesia. Namun, tendangan Bordin Phala yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil ditepis oleh Nadeo Argawinata. Skor akhir babak pertama 1-0 untuk Thailand.

Pada babak kedua, pelatih Timnas Indonesia Shin Taeyong langsung menarik empat pemain sekaligus. Rachmat Irianto, Edo Febriansyah, Kambuaya dan Fachrudin Aryanto digantikan oleh Evan Dimas, Elkan Baggot, Egy Maulana Vikri dan I Kadek Agung Widnyana. Perubahan tersebut belum nampak berubah dari terhadap permainan Indonesia. Kesalahan mengoper dan miskomunikasi masih kerap terjadi. 

Hal tersebut dimanfaatkan oleh Thailand. Lewat serangan balik Thailand yang sangat cepat, Chanatip lagi-lagi bisa membobol gawang Nadeo dengan tendangan datar ke sisi kanan Nadeo. Indonesia tertinggal 0-2 pada menit 52. 

Setelah gol tersebut, Thailand mengendorkan pressingnya. Hal tersebut dimanfaatkan skuad garuda untuk membangun penyerangan. Alhasil, Indonesia kembali mendapat peluang terbuka pada menit ke-61. Sayangnya, Irfan Jaya yang sudah berhadap-hadapan dengan penjaga gawang, sepakannya masih bisa dihadang oleh kaki penjaga gawang Thailand, Siwarak Tedsungnoen. 

Meski Thailand mengurangi pressingnya, tetapi skuad Gajah Putih masih tetap menampilkan permainan apiknya. Penguasaan bola pemain Thailand sangat sulit direbut para pemain Indonesia. Menit 67, Thailand berhasil menambah keunggulan lewat tendangan dari luar kotak penalti Supachok Sarachat. Skor 3-0 untuk Thailand. 

Belum puas dengan unggul 3 gol,Thailand terus-menerus mengeksploitasi pertahanan Indonesia. Bahkan, Thailand beberapa kali bermain bebas di kotak penalti Indonesia meski tidak berbuah gol. 

Skuad Indonesia pada leg pertama tersebut memang bermain tidak seperti yang diharapkan. Sesekali serangan dilakukan oleh aksi individual Egy, namun belum bisa mengancam gawang Thailand. Pada menit 83, skuad garuda lagi-lagi tertinggal 4-0 lewat gol Bordin Phala. Hingga laga berakhir, tim asuhan pelatih Alexandré Pölking mampu mempertahankan keunggulannya.

Namun, bukan berarti peluang Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020 sudah tertutup, mengingat masih ada laga leg II yang digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

Paling tidak Indonesia harus berhasil menang lawan Thailand dengan selisih lima gol untuk menjadi juara Piala AFF. []

Berita terkait
Kejutan 3 Pemain Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2020
Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak semifinal Piala AFF 2020 dengan meraih sebagai juara Grup B dengan meraih 10 poin. Simak ulasannya.
Timnas Indonesia Berhasil Tahan Imbang Vietnam 0-0 di Piala AFF
Timnas Indonesia bermain solid di lini pertahanan sehingga Vietnam tidak bisa mencetak gol ke gawang Indonesia simak berikut ini ulasan lengkapnya.
Latihan Pemulihan Bagi Timnas Indonesia Jelang Lawan Malaysia
Timnas Indonesia menjalani latihan pemulihan pada Kamis, 16 Desember 2021 di Stadion Bukit Gombak, Singapura menjelang melawan Malaysia.
0
Timnas Indonesia: Kami Akan Menebus Kekalahan di Leg Kedua
Momen leg kedua malam ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh timnas untuk bisa membayar kekecewaan penggemar.