Indonesia
Tiket Pesawat Mahal, Dongkrak Jumlah Penumpang KA
Kenaikan jumlah pemudik menggunakan kereta api pada Lebaran tahun ini dipengaruhi oleh harga tiket pesawat yang tinggi.
Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta (Foto: Antara)

Semarang - Kenaikan jumlah pemudik dengan tujuan berbagai stasiun di Daerah Operasi (Daops) IV Semarang pada Lebaran tahun ini diperkirakan dipengaruhi oleh harga tiket pesawat yang tinggi.

"Salah satu dugaannya karena harga tiket pesawat terbang mahal," kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang, Mohamad Santoso, di Semarang, Senin, 2 Juni 2019, mengutip Antara.

Namun, dia belum bisa memastikan korelasi peningkatan jumlah pemudik kereta dengan harga tiket pesawat terbang yang tinggi. "Tapi semestinya ada korelasinya," tambahnya.

Baca juga: Mudik Naik Bus, Siasati Tingginya Tiket Pesawat

Menurut dia, rata-rata peningkatan penumpang di banding Lebaran tahun lalu naik sekitar sembilan persen. Jumlah itu, lanjut dia, lebih tinggi dari perkiraan kenaikan jumlah penumpang pada lebaran tahun ini yang mencapai 3,5 hingga empat persen.

Ia menyebut okupansi kereta dari berbagai wilayah di barat maupun timur dengan tujuan stasiun di Daops IV selalu tinggi. Tingginya okupansi KA tersebut, lanjut dia, terjadi sejak H-6 Lebaran. Bahkan, kata dia, kepadatan penumpang masih akan terjadi hingga hari H Lebaran.

Berita terkait
0
Demonstrasi di Papua, Massa Menghujani DPRD dengan Batu
Demonstrasi menyuarakan aspirasi anti-rasisme di Timika, Papua, ricuh. Massa aksi melempari Gedung DPRD Mimika dengan batu, serta memblokade jalan.