UNTUK INDONESIA
The Flowers, Rilis Album Baru di Synchronize Fest 2019
Kelompok musik rock n roll asli Indonesia The Flowers bakal melepas album ke-3 mereka di gelaran Syncronize Festival 2019.
Dynamic Duo Njet dan Boris The Flowers, dalam sebuah aksi panggung. (Foto: Tagar/ Morteza Albana)

Jakarta - Kelompok musik rock n roll asli Indonesia The Flowers bakal melepas album ke-3 mereka di gelaran Synchronize Festival 2019 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, pada 4-6 Oktober 2019 mendatang.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh sang vokalis, Njet Barmansyah. Ia mengatakan, album baru siap diisi lagu-lagu dengan beberapa kejutan di dalamnya.

Njet belum mau membeberkan perihal nama judul. Namun, album baru diakui nya masih akan diisi dengan nuansa rock n roll yang kental dengan lirik-lirik bertema cinta, sosial dan kenyataan hidup.

"Ada 16 lagu, lagi dipilih mana aja yang mau kita masukin. Salah satunya kita kolaborasi dengan Jason Ranti," kata dia saat dihubungi Tagar, Sabtu, 24 Agustus 2019.

"Ada tema cinta, tema sosial juga ada," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Boris sang gitaris menyebut album bakal dilepas ke pasaran dengan berbagai format rilisan, tak terkecuali format digital di berbagai kanal penyedia layanan musik daring.

"Cara orang mendengarkan lagu sudah berbeda dari masa lampau. Jadi selain secara fisik berupa CD, bahkan mungkin kaset pita atau piringan hitam, suka atau tidak suka (media) digital buat gue saat ini tidaklah dapat ditolak," kata dia melalui wawancara tertulis dengan Tagar, Minggu, 25 Agustus 2019.

"Meski gue tahu ada beberapa band atau musisi yang masih bersikeras menjual atau memperdengarkan musik mereka dengan cara konvensional. Tapi itu pilihan," kata dia.

Selain Jason Ranti alias Jejeboy, Boris juga menyebut keterlibatan beberapa musisi yang diajak berkolaborasi dalam proses produksi album ke-3 The Flowers.

Ia juga mengatakan, penamaan judul album kemungkinan mengambil dari salah satu judul lagu, yakni Roda-roda Gila.

"Ada Vian pada bass di hampir seluruh lagu, Nonnie pada piano dan sound hammond di 1 lagu, serta Hendry Martin pada bass di 1 lagu. Sementara, itu yang gue ingat," kata dia.

"Judul album kemungkinan akan diambil dari salah satu judul lagu kami, yaitu Roda-Roda Gila. Tapi bisa saja nanti berubah," ujarnya.

Salah satunya kita kolaborasi dengan Jason Ranti.

Diketahui, The Flowers merupakan band yang berdiri pada akhir tahun 1990-an di gang Potlot, Jakarta Selatan. Album perdana bertajuk 17 Tahun ke Atas yang dirilis pada tahun 1996, melambungkan nama mereka lewat single Tolong Bu Dokter.

Kelompok musik yang diisi oleh Njet Barmansyah (vokal), Boris Simanjuntak (gitar), Cole (gitar), Bongky Marcell (bass), dan Chilling (drum) itu sempat mengalami vakum beberapa tahun setelah album perdana mereka meledak. Mati suri kelompok musik itu lantaran meninggalnya Cole pada tahun 1998.

Sepeninggal Cole, para personil The Flowers sibuk dengan proyek musik mereka masing-masing. Bongky membentuk BIP bersama dua mantan personil Slank, Indra dan Pay, sementara Chilling bergabung dengan kelompok musik Bunglon (kemudian meninggal dunia karena kecelakaan pada tahun 2009).

Boris memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat setelah sebelumnya menjadi session player beberapa musisi tanah air, sementara Njet kerap mengisi berbagai keriaan music tribute dan helatan musik bertema rock n roll.

Pada tahun 2009, album kedua bertajuk Still Alive and Well dirilis, seolah memberikan pengumuman bahwa mereka baik-baik saja dan telah sepenuhnya siap menghentak lagi di kancah musik nasional.

Nama The Flowers mewangi kembali dengan tiga personel baru, yakni Dado (drum), Eugene (saxophone) dan Leo (bass) yang didapuk menemani keliaran bermusik Boris dan Njet.

Posisi Leo yang hengkang dari The Flowers pada Februari 2011, kerap digantikan pemain bass handal, Ahmad Oktaviansyah. []

Berita terkait
Jason Ranti Rilis Album Kedua Bertajuk Sekilas Info
Solois muda asal Jakarta Jason Ranti alias Jejeboy menelurkan album kedua bertajuk Sekilas Info.
Metallica Bakal Produksi Album ke-11 Lebih Cepat Dari Rekaman Sebelumnya
Prosesnya tak akan lama seperti saat Metallica bikin album-album sebelumnya.
Sesudah Pergaulan Blues, Simpul Album Jason Ranti
Sinema Pinggiran siap merilis film Sesudah Pergaulan Blues. Sebuah simpul album pertama ke album kedua Jason Ranti.
0
Samsung Patenkan Layar SAMOLED
Samsung telah mematenkan merek dagang SAMOLED untuk layar ponsel pintar.