Waskita Karya

Texas Izinkan Warganya Bawa Pistol Tak Perlu Pakai Izin

Negara Bagian Texas, AS, melonggarkan oembatasan mengenai senjata api yang memungkinan warga bawa pistol tanpa harus mengantongi izin
Seorang pria bawa pistol saat demonstrasi pro-hak senjata di Austin, Texas, 14 April 2018 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Gubernur Texas, Amerika Serikat (AS), Greg Abbott, telah menandatangani undang-undang baru yang akan mengizinkan orang membawa pistol tanpa memiliki izin atau melalui pemeriksaan latar belakang. Abbott menyoroti legislasi itu sebagai bagian dari sebuah acara pada hari Kamis, 17 Juni 2021.

Legislasi itu, yang akan mulai berlaku pada 1 September 2021, berlaku bagi siapapun yang tidak pernah divonis melakukan tindak pidana berat atau mempunyai hambatan hukum lainnya dalam memiliki senjata.

gubernur texasGubernur Texas, AS, Greg Abbott berbicara di Dallas, Texas (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Pemeriksaan latar belakang federal untuk sebagian pembelian senjata tetap berlaku, dan masing-masing bisnis dapat memutuskan untuk tidak mengizinkan adanya senjata api di lingkungan mereka.

lokasi texasLetak geografis Texas di Amerika Serikat (Foto: whereig.com)

Mereka yang mendukung legislasi itu berpendapat undang-undang ini menyingkirkan penghalang bagi hak konstitusional mereka untuk mengangkat senjata dan meningkatkan pertahanan diri.

seorang pemilik toko senjata apiSeorang pemilik toko senjata api mendemonstrasikan senapan semi-otomatis Ruger AR-15, 7 November 2017, di Lynnwood, Washington, AS (Foto: voaindonesia.com/AP)

Para penentang, termasuk berbagai organisasi penegakan hukum, menyatakan pencabutan restriksi itu akan mempermudah penjahat untuk mendapatkan senjata.

Berbagai organisasi pendukung pengendalian senjata api juga menyebutkan tentang penembakan massal baru-baru ini di Texas, termasuk serangan tahun 2019 di supermarket Walmart di El Paso (uh/ab)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Terjadi Lagi Penembakan Massal di Texas 13 Luka-luka
Sedikitnya 13 orang luka-luka dalam peristiwa penembakan massal di pusat Kota Austin, Texas, AS, 12 Juni 2021, pukul 01.30 waktu setempat
Terjadi Lagi Penembakan di Amerika Kali Ini di Texas
Setidaknya satu orang tewas dan beberapa terluka, 8 April 2021, ketika seorang pria bersenjata melepas tembakan ke sebuah toko di Texas tengah
Serangan Teror di Texas, 26 Orang Tewas Ditembak
Sebanyak 26 orang ditembak hingga tewas setelah ditembak lelaki bersejata di Sutherland Springs, Texas, kata Gubernur Greg Abbott pada Ahad (5/11).
0
Saling Melobi Kursi Panglima TNI Jelang Pergantian Jabatan
Pemerhati Pertahanan dan Keamanan Nasional Robi Sugara mengatakan cara-cara yang dilakukan untuk menjadi Panglima TNI dinilai menjadi ambang batas.