Tersesat di Hutan, Pria Tua Asal Pessel Ditemukan Lemas

Pria tua yang dilaporkan hilang di tengah hutan Pesisir Selatan ditemukan dalam kondisi lemas.
Ahmad, 65 tahun, pria tua yang dilaporkan hilang sejak Jumat, 30 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok. Basarnas Padang)

Pesisir Selatan - Petugas Basarnas gabungan akhirnya menemukan Ahmad, 65 tahun, pria tua yang dilaporkan hilang di kawasan hutan Kabupaten Pesisir Selatan. Dia ditemukan hilang di tengah rimba dalam keadaan lemas pada Senin, 2 November 2020.

Kemungkinan dia lemas karena tidak makan.

"Benar, beliau ditemukan saat magrib tadi. Kondisinya selamat," kata Kepala Basarnas Padang Asnedi.

Menurutnya, selama tersesat di hutan, pria tua itu bertahan hidup dengan tidur di dalam pondok. Dia tidak tau jalan pulang usai mencari rotan karena hari mulai gelap. "Kemungkinan dia lemas karena tidak makan," katanya.

Komandan Regu Yudi Riva mengatakan, Ahmad ditemukan sekitar 9 hingga 10 kilometer dari lokasi awal dilaporkan hilang. "Pencariannya juga dibantu masyarakat dan kami bersyukur dia selamat," katanya.

Sebelumnya, seorang pria tua bernama Ahmad, 65 tahun, dilaporkan hilang di kawasan hutan Nagari Taratak Timpatiah, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Warga Batang Kapas itu tidak kembali ke kediamannya sejak Jumat, 30 Oktober 2020 usai mencari rotan di dalam hutan. Dia dilaporkan hilang pertama kali oleh anaknya, Nodi, 22 tahun, yang pergi dari rumah bersama ayahnya ke kebun durian di lereng hutan.

"Awalnya mereka pergi ke ladang durian untuk mengusir hama monyet. Korban lalu pergi mencari rotan ke dalam hutan. Sedangkan anaknya menunggu di pondok kebun durian sambil menunggu hujan reda," kata salah seorang kerabat keluarga Ahmad, Judan kepada wartawan, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Menurut Judan, Ahmad bersama anaknya berangkat dari rumah ke ladang sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, sekitar pukul 19.00 WIB, anaknya kembali ke rumah dan melaporkan ayahnya tidak kembali dari hutan.

Dari keterangan anaknya, Ahmad mencari rotan di sekitar wilayah Aia Sungai atau hutan yang ada dibalik bukit kawasan tersebut. "Dia (anaknya) masih sempat mencari sendiri sebelum melaporkan kejadian itu ke warga," katanya. []



Berita terkait
Maling Laptop, 4 Perempuan di Pessel Diciduk Polisi
Empat perempuan berstatus IRT di Pesisir Selatan diringkus polisi karena mencuri laptop.
3 Pemakai Sabu di Pessel Diciduk, 1 ASN
Polisi meringkus 3 pria penyalahgunaan sabu di Pesisir Selatan. Satu di antaranya berstatus sebagai ASN.
Seorang Pria Tua Hilang di Hutan Pesisir Selatan
Seorang pria tua dilaporkan hilang di kawasan hutan Pesisir Selatan saat mencari rotan.
0
27 Juta Suntikan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Vaksinasi yang dilakukan pemerintah hingga Senin, 31 Mei 2021, akan mencapai angka 27 juta suntikan vaksinasi