UNTUK INDONESIA
Terlibat Parpol, CPNS 2019 Terancam Gugur
Peserta CPNS 2019 yang dinyatakan lolos bisa gugur jika terbukti tergabung dalam partai politik atau politik praktis.
Pelaksanaan Seleksi CPNS 2019. (Foto: Tagar/Dok.bkn.go.id)

Jakarta - Pemerintah pusah dan daerah telah mengumumkan hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pada 30 Oktober 2020. Mereka yang terlibat dengan partai politik (parpol) atau politik praktis akan dibatalkan menjadi CPNS.

Peserta yang terbukti memiliki keterlibatan dengan parpol dan politik praktis dapat digugurkan kelulusannya.

Hal itu ditegaskan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam rilisnya yang dilansir dari halaman setkab.go.id, Minggu, 1 November 2020. Menurut Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono, pengumuman hasil akhir tidak serta merta dapat diangkat menjadi CPNS. Ada sejumlah verifikasi peserta yang dilakukan.

"Peserta yang terbukti memiliki keterlibatan dengan parpol dan politik praktis dapat digugurkan kelulusannya. Sejumlah ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS,” katanya.

Tahun ini, BKN akan memproses penetapan NIP CPNS 2019 secara digital melalui aplikasi DocuDigital. Selain itu, BKN juga membuka peluang penyampaian sanggahan atas pengumuman hasil seleksi CPNS 2019, selama tiga hari terhitung sejak pengumuman diterbitkan.

“Unsur yang dapat disanggah adalah hal-hal yang dapat berdampak pada perubahan hasil seleksi. Sanggahan ditujukan kepada instansi yang dilamar dan disampaikan melalui fitur yang tersedia pada website SSCASN,” tuturnya.

Jika dari hasil seleksi terdapat formasi kosong, maka pengisian formasi kosong untuk instansi pusat dan instansi daerah dapat diisi oleh peserta yang melamar pada jenis formasi lain dengan jabatan, kualifikasi pendidikan, dan unit penempatan/lokasi formasi yang sama, memenuhi nilai ambang batas atau passing grade (PG) SKD formasi umum dan berperingkat terbaik. []



Berita terkait
237 Orang Dinyatakan Lulus Seleksi CPNS di Kemenag Aceh
Bagi 237 peserta CPNS Kementerian Agama Provinsi Aceh formasi tahun 2019 yang dinyatakan lulus untuk segera mendaftar ulang secara online.
5.178 Peserta lulus CPNS Kemenag Wajib Lengkapi Syarat Ini
5.178 peserta yang dinyatakan lulus sebagai CPNS Kementerian Agama, wajib melengkapi persyaratan ini.
18 Kursi CPNS 2019 Pemko Padang Kosong
Sebanyak 18 formasi CPNS 2019 untuk Pemko Padang tidak terisi.
0
Terlibat Parpol, CPNS 2019 Terancam Gugur
Peserta CPNS 2019 yang dinyatakan lolos bisa gugur jika terbukti tergabung dalam partai politik atau politik praktis.