UNTUK INDONESIA
Terbaru, 31 Warga Sumbar Positif Covid-19
Jumlah pasien positif terpapar covid-19 di Sumatera Barat kini mencapai 31 orang.
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Jumlah warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terpapar virus corona menjadi 31 orang. Enam di antaranya dinyatakan sembuh dan tiga lainnya meninggal dunia. Data tersebut terhitung hingga hari ini, Jumat, 10 April 2020, pukul 11.21 Wib.

Masih banyak yang ke luar rumah, bahkan di daerah seperti tidak ada apa-apa.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika menggelar konfrensi pers online melalui video dengan awak media di Padang, Jumat, 10 April 2020.

"Saya sampaikan langsung saja, karena di website mungkin nanti baru update datanya," katanya.

Menurut Irwan, dari total pasien terpapar virus corona, enam orang di antaranya telah dinyatakan sembuh. Sedangkan tiga pasien telah meninggal dunia.

Dari kajian tim covid-19 Unand, kata Irwan, perkembangan kasus covid-19 di Sumbar akan terus meningkat. Sebab, pergerakan perantau pulang kampung semakin banyak.

Berdasarkan data dari 9 perbatasan Sumbar dan Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sudah tercatat 49 ribu perantau pulang kampung.

"Kembali saya tidak bosan mengimbau agar para perantau untuk menahan diri pulang kampung," katanya.

Menekan peningkatan kasus covid-19, Irwan mengaku telah meminta bupati dan wali kota untuk terus gencar bersosialisasi bahaya covid-19 kepada masyarakat. Dia berharap, timbul kesadaran dan kepedulian di masyarakat untuk memutuskan rantai penyebaran virus ini.

"Masih banyak yang ke luar rumah, bahkan di daerah seperti tidak ada apa-apa. Saya harap kepala daerah lebih gencar sosialisasi," katanya. []

Berita terkait
Update Covid-19 Sumbar: 28 Positif, 3 Meninggal
Jumlah warga Sumatera Barat positif terpapar corona mencapai 28 orang. Tiga di antaranya meninggal dunia dan empat orang sembuh.
Polisi Ringkus Lima Penambang Emas Ilegal di Sumbar
Lima penambang emas ilegal ditangkap jajaran Polda Sumatera Barat.
Bertambah 3, Warga Sumbar Positif Corona 21 Orang
Pasien positif terpapar covid-19 di Sumatera Barat kini menjadi 21 orang.
0
Penyebab Kematian Anak Gajah Sumatera di Aceh
Kematian seekor anak gajah Sumatera di Desa Kampung Baroh Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya diduga karena keracunan.