UNTUK INDONESIA
Tanpa Neymar, Brasil Tetap Gahar di Copa America
Brasil tetap optimistis menghadapi Bolivia di laga pembukaan Copa America 2019 meski kehilangan Neymar.
Brasil tetap optimistis menghadapi Bolivia di laga pembukaan Copa America 2019 meski kehilangan Neymar. Duel perdana dilaksanakan pada Sabtu pagi pukul 07.30 WIB. (Foto: dnaindia.com)

Jakarta - Lupakan Neymar. Brasil tetap gahar meski kehilangan pemain depan Paris Saint-Germain ini di Copa America 2019. Duel perdana sekaligus pembukaan melawan Bolivia di Grup A di Stadion Morumbi, Sabtu 15 Juni 2019 pukul 07.30 WIB, akan menjadi ajang pembuktian Brasil tanpa Neymar. 

Pelatih Tite tegaskan Brasil sudah melupakan Neymar, termasuk kontroversi kasus pemerkosaan, karena tim sepenuhnya fokus di Copa America. Menurut Tite pembahasan soal Neymar hanya ramai di media. Padahal tim tak pernah membicarakannya lagi. 

"Terlalu banyak yang bicara soal Neymar (di media) dibandingkan dengan di tim. Kami tidak pernah membahasnya lagi karena tim sudah sepenuhnya fokus pada persiapan menghadapi Copa America," kata Tite. 

Saya sesungguhnya tak ingin tim bermain tanpa Neymar. Dia salah satu dari tiga pemain terbaik dunia. Tetapi kami sudah siap tanpa dia

Ditegaskan pelatih, tim sesungguhnya tak berharap Neymar absen. Namun eks bintang Barcelona ini sudah tidak bisa diharapkan lagi karena cedera engkel yang dideritanya saat uji coba melawan Qatar. Tanpa Neymar, Brasil tetap solid dan kuat untuk bersaing di Copa America yang digelar di kandang sendiri. 

"Saya sesungguhnya tak ingin tim bermain tanpa Neymar. Dia salah satu dari tiga pemain terbaik dunia. Tetapi kami sudah siap tanpa dia," tandasnya. 

Tite ingin meraih hasil sempurna di laga pembukaan. Ini merupakan laga pertama Selecao sejak disingkirkan Belgia di perempat final Piala Dunia 2018. Meski gagal, Tite tidak dipecat. Hanya dia diberi target juara di Copa America. 

"Kami tahu, penting untuk memenangkan Copa America. Kami tidak bisa menghindarinya," kata Tite. 

"Tetapi untuk menjadi juara, kami akan melangkah demi selangkah. Ini adalah bagian dari proses," jawabnya.

Dengan absennya Neymar, pemain depan Barca Philippe Coutinho kemungkinan menjadi pilihan pertama. Meski gagal menunjukkan performa terbaik di klub, namun Coutinho tetap menjadi tumpuan di lini depan. Apalagi, dia tampil mengesankan pada dua uji coba Brasil sebelum turnamen. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Indeks KUB 2019, MTQ Sumut di Dairi Ketuanya Katolik
Kearifan lokal dan adat istiadat, sangat kuat mengikat persaudaraan antar umat beragama di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.