Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan penjualan Suzuki XL7 sebanyak 2.000 unit setiap bulannya. SUV teranyar dari Suzuki ini resmi diluncurkan di pasar otomotif Tanah Air pada Sabtu, 15 Februari 2020.
"Targer market share 20 persen atau sekitar 2.000 unit dalam satu bulan," kata 4W Marketing Director PT SIS, Dony Saputra di Jakarta Timur, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 15 Februari 2020.
Dony juga optimis bahwa XL7 akan mencapai target penjualannya, sebab segmen yang diusung adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Saat ini segmen SUV sedang mengalami perkembangan.
Target pasar Suzuki XL7 untuk tahap pertama akan menyasar konsumen di wilayah perkotaan, khususnya di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi.
"Terkait data penyebaran segmen untuk XL7 hampir sama dengan penyebaran Ertiga. Untuk wilayah Jabodetabek diperkirakan berada di angka 30 persen, sisanya di luar wilayah itu," kata Dony.
Suzuki menjamin bahwa kehadiran XL7 tidak akan mengganggu pasar penjualan Ertiga, sebab target konsumen XL7 berbeda dengan Ertiga.
"Kami melihat bahwa segmen Ertiga dan XL7 itu berbeda. Kalau Ertiga, hampir 80 persen itu first car buyer, sedangkan di SUV itu 43 persen sebagai mobil tambahan atau pengganti," ujarnya Dony.
Pada 2019, Suzuki Indonesia berhasil membukukan penjualan ritel kendaraan roda empat sebanyak 102.865 unit. Ertiga dan New Carry menjadi tulang punggung penjualan Suzuki di Indonesia. New Carry berkontribusi sebanyak 54.943 unit sedangkan All New Ertiga 26.377 unit. []