Survei Puspoll: Prabowo, Anies, dan Ganjar Calon Presiden Teratas

Survei Puspoll Indonesia menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih menjadi tokoh teratas kandidat calon presiden di Pemilu 2024.
Prabowo, Anies, dan Ganjar Calon Presiden Teratas. (Foto:Tagar/galajabar)

Jakarta – Riset Lembaga survei Puspoll Indonesia, menunjukkan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih menjadi tokoh teratas untuk dicalonkan sebagai kandidat calon presiden di Pemilu 2024. Dalam survei tersebut ada juga nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di posisi kedua dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi ketiga.

Masih ada di bawah 50 persen seperti Tito Karnavian, Erick Thohir, Gatot Nurmantyo, Moeldoko hingga Airlangga Hartarto.

Terkait hasil survei ini, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja menjelaskan, pihaknya mengajukan pertanyaan semi terbuka terhadap responden dengan menyertakan 22 nama tokoh di antaranya Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Susi Pudjiastuti, Mahfud MD hingga Anis Matta.

PrabowoKetua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (foto: Twitter/@Prabowo).

"Hampir nama-nama yang cukup populer mencapai 50 persen itu banyak. Dari 22 nama tokoh yang diuji, rata-rata tingkat pengenalannya sudah di atas 50 persen. Walaupun masih ada di bawah 50 persen seperti Tito Karnavian, Erick Thohir, Gatot Nurmantyo, Moeldoko hingga Airlangga Hartarto," tutur Muslimin dalam diskusi virtual, Minggu, 23 Mei 2021.

Dari nama-nama itu, Muslimin menyebut ada lima tokoh yang popularitasnya sudah mencapai 70 persen. Dalam Survei ini, Responden diberi pertanyaan, "Seandainya pemilihan presiden dilakukan periode 20-29 April 2021, siapa yang akan dipilih masyarakat sebagai Presiden Republik Indonesia?" 

Anies BaswedanAnies Baswedan. (Foto: Tagar/Facebook Anies Baswedan)

Adapun Prabowo masih berada pada posisi teratas dari sisi elektabilitas, dengan poin 20,9 persen yang akan memilih jika pemilihan presiden dilakukan sekarang.

"Posisi kedua ada Anies Baswedan sebanyak 15,4 persen dan disusul Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 13,8 persen," ungkap Muslimin.

Menyusul nama Sandiaga Uno 7,1 persen, Ridwan Kamil serta AHY dengan elektabilitas masing-masing 4,9 persen. Selain itu, tingkat elektabilitas masih di bawah 3 persen. 

Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto:Tagar/Tangkapan layar YouTube Ruang ganjar)

"Yang tidak menjawab atau tidak tahu ada 14,9 persen," ujarnya.

Sementara pengukuran elektabilitas calon presiden dengan simulasi tertutup yang dilakukan terhadap empat nama. Lagi-lagi Prabowo berada di posisi teratas dengan 25,3 persen. Lalu Anies di posisi kedua dengan 22,9 persen disusul Ganjar Pranowo sebanyak 19,2 persen serta Ridwan Kamil 11,9 persen. 

"Responden tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 20,7 persen," ujarnya. []


Berita terkait
Survei: 18 Persen Rakyat Inginkan Jokowi Calon Presiden 2024
Hasil survei menunjukkan 18 persen rakyat Indonesia masih menginginkan Jokowi untuk diusung sebagai calon presiden kembali pada Pemilu 2024.
Calon Presiden 2024, Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies
Hasil Survei menunjukkan Ganjar Pranowo lebih diidolakan sebagai calon presiden 2024, mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
AHY Siap Jadi Calon Presiden di Pemilu 2024
Waketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan siap jadi calon presiden di Pemilu 2024.
0
Pengamat: Laksamana Yudo Margono Layak jadi Panglima TNI
Pengamat Intelejen Pertahanan dan Keamanan Ngasiman Djoyonegoro mengatakan Yudo Margono layak menjadi Panglima TNI gantikan Hadi Tjahjanto.